Kamis, 20 Oktober 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kementerian kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma Iii Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2016

Abstrak
Baehaqi Avefarizqa (Begelast@gmail.com)
EFISIENSI IPAL UNTUK MENURUNKAN KADAR COD DI RUMAH SAKIT WIJAYA KUSUMA PURWOKERTO TAHUN 2016
XIV+ 60 halaman : gambar, tabel, lampiran

Rumah Sakit Wijaya Kusuma Purwokerto adalah rumah sakit tingkat III yang merupakan badan pelaksana fungsi tekhnis kesehatan di Wilayah Korem yang saat ini telah dibuka untuk masyarakat umum dan mempunyai 150 tempat tidur yang setiap harinya rata – rata diisi oleh 120 pasien dengan angka BOR (Bed Occupancy Rate) 80%. Hasil survey pendahuluan pada IPAL bulan November tahun 2015 terdapat permasalahan antara lain COD yang melebihi batas yang ditentukan menurut Perda Jateng No.05 Tahun 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi IPAL dalam menurunkan kadar COD di Rumah Sakit Wijaya Kusuma Purwokerto.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode observasional. Penelitian ini dilakukan dengan mendeskripsikan proses pengolahan limbah cair di Rumah Sakit Wijaya Kusuma Purwokerto, melakukan pengukuran parameter air limbah yang meliputi pH, Suhu, Debit, Kadar COD dan perhitungan efisiensi penurunan COD.
Hasil penelitian didapatkan proses pengolahan air limbah yang meliputi bak equalisasi, pretreatment dan interceptor chamber, anoxic chamber, reactor utama, settling chamber. Hasil pengukuran parameter air limbah menunjukan pengelolaan limbah cair di Rumah Sakit Wijaya Kusuma Purwokerto sudah termasuk dalam kategori baik menurut Perda Jawa Tengah No.05 Tahun 2012 namun berdasarkan perhitungan efisiensi IPAL dalam menurunkan kadar COD hanya mencapai 57,65%. Sebaiknya perlu dilakukan perawatan IPAL yang rutin dan melakukan pemantauan parameter umum seperti pH, Suhu, dan debit setiap
minggu, sehingga sistem IPAL dapat berfungsi secara maksimal.

Daftar Bacaan : 14 (1987 – 2014)
Kata Kunci     : Pengolahan Air Limbah, Limbah Cair Rumah Sakit
Klasifikasi       : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar