Jumat, 28 Oktober 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2014

Abstrak
Maria Ulfah (maria.ulfah678@yahoo.com)
PENGARUH PEMAKAIAN KERTAS LEM GETAH NANGKA (Artocarpus heterophyllus Lamk) TERHADAP JUMLAH LALAT YANG HINGGAP DI TPS PASAR WAGE PURWOKERTO TAHUN 2016
xv + 48 Halaman : Gambar, Tabel, Lampiran

Vektor adalah arthropoda yang dapat memindahkan/menularkan suatu penyakit dari sumber infeksi kepada host yang rentan. Lalat dapat menjadi vektor penyakit sehingga perlu dilakukan upaya pengendalian. Salah satu cara pengendaliannya dapat dilakukan secara fisik yaitu dengan menggunakan kertas perekat lalat. Pohon nangka dapat tumbuh di setiap tempat. Pohon nangka selain sebagai makanan, getah pohon nangka dapat digunakan sebagai bahan perekat. Getah Nangka mengandung polimer, polimer yang terkandung pada getah nangka adalah poliisoprena dan polisakarida. Poliisoprena merupakan karet alam sedangkan polisakarida merupakan polimer yang tersusun dari molekul gula. Tujuan penelitian ini apakah ada pengaruh pemakaian kertas lem getah nangka (Artocarpus heterophyllus Lamk) terhadap jumlah lalat tertangkap.
Metode penelitian ini adalah quacy eksperimental dengan menggunakan rancangan the time series design. Pengumpulan data menggunakan editing, coding dan tabulating. Analisis data menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian yang diperoleh dari pengukuran jumlah lalat terperangkap pada kertas lem getah nangka selama 3 hari yaitu pada hari pertama sebanyak 50 ekor, hari kedua 6 ekor dan hari ketiga 0 ekor.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh pemakaian kertas lem getah nangka terhadap jumlah lalat tertangkap. Kertas lem getah nangka efektif menangkap lalat pada hari ke 1. Pada hari ke 2 dapat menangkap lalat tetapi kurang efektif. Saran yang dapat diberikan yaitu perlu pengembangan dan penelitian lanjut untuk menyempurnakan kertas lem getah nangka agar dapat diterapkan secara efektif dan efisien.

Daftar bacaan : 16 (1985 – 2015)
Kata kunci : Kertas Lem Getah Nangka, Lalat
Klasifikasi : -
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar