Senin, 31 Oktober 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2016

Abstrak
Rosita Nurdamayanti (rositanurdamayanti7@gmail.com)
EVALUASI PROGRAM PENYEMPROTAN RUMAH DI DAERAH ENDEMIS MALARIA KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2016
XVII + 102: gambar, tabel, lampiran

Penyakit malaria merupakan penyakit tropis yang disebabkan oleh parasit plasmodium melalui gigitan nyamuk Anopheles spp. Angka kesakitan malaria di Purworejo tahun 2013-2015 setiap tahunnya meningkat. Pengendalian vektor nyamuk Anopheles spp secara kimiawi dengan IRS(Insecticide Residual
Spraying). Tujuan penelitian adalah untuk evaluasi program penyemprotan rumah didaerah endemis malaria terhadap vektor nyamuk Anopheles spp tahun 2016.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan penelitian diskriptif yang bertujuan untuk mengetahui jumlah kematian nyamuk setelah dilakukan penyemprotan menggunakan metode Bioassay.
Hasil evaluasi program penyemprotan rumah menggunakan metode bioassay dengan 2 jenis dinding. Kematian nyamuk uji di Desa Jatirejo Kecamatan Kaligesing tertinggi di dinding tembok dengan kematian 30% dan dinding kayu 15% dengan rata-rata kematian nyamuk 15% setelah penyemprotan selama 107 hari. Kematian nyamuk uji di Desa Separe Kecamatan Loano tertinggi di dinding tembok dengan kematian nyamuk 90% dan dinding kayu 95% dengan rata-rata kematian nyamuk 92,5% setelah penyemprotan selama 20 hari. Insektisida yang digunakan yaitu golongan pyrethroid dengan bahan aktif Lamdasihalotrin ICON 100 CS. Kesimpulan penelitian yaitu insektisida yang digunakan sudah mengalami
penurunan daya bunuh pada nyamuk Anopheles spp selama 3 bulan pogram penyemprotan. Disarankan penambahan dosis insektisida atau menganti insektisida yang memiliki daya bunuh lebih baik dan sesuai dengan standar WHO.

Daftar Bacaan : 15 (1985-2015)
Kata Kunci     : Insektisida, Resistensi, Nyamuk Anopheles spp
Klasifikasi       : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar