Senin, 31 Oktober 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemekes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2016

Abstrak
Risma Suryani Prasetyaningsih (rissmasuryani@yahoo.com)
STUDI KONDISI KESEHATAN LINGKUNGAN RSUD PROF DR MARGONO SOEKARJO PURWOKERTO TAHUN 2016
XVI + 124 halaman :gambar, tabel, lampiran

Rumah sakit merupakan fasilitas pelayanan kesehatan sebagai upaya untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan masyarakat, jika rumah sakit tidak dikelola dengan baik akan memberikan dampak negatif dari rumah sakit terhadap kesehatan pasien, pengunjung dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kondisi kesehatan lingkungan rumah sakit yang meliputi kesehatan lingkungan rumah sakit, penyehatan ruang bangunan, penyehatan makanan dan minuman, penyehatan air, pengelolaan limbah, tempat pencucian linen, pengendalian serangga dan tikus, dekontaminasi melalui desinfeksi dan sterilisasi, pengamanan radiasi, penyuluhan kesehatan lingkungan, dan unit/instalasi sanitasi rumah sakit.
Metode penelitian ini adalah analisis deskriptif evaluatif dengan subyek lingkungan rumah sakit. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasional dan dokumen. Analisis data yang digunakan secara deskriptif dengan menggambarkan kondisi kesehatan lingkungan rumah sakit dari hasil penelitian.
Hasil penelitian kondisi kesehatan lingkungan RSUDProf Dr Margono Soekarjo Purwokerto yaitu kondisi kesehatan lingkungan rumah sakit 96,8% (memenuhi syarat), penyehatan ruang bangunan 88,4% (memenuhi syarat), penyehatan makanan dan minuman 90,7% (memenuhi syarat), penyehatan air 88,1% (memenuhi syarat), pengelolaan limbah 84,4% (memenuhi syarat), tempat pencucian linen 100% (memenuhi syarat), pengendalian serangga dan tikus 100% (memenuhi syarat), dekontaminasi melalui desinfeksi dan sterilisasi
100% (memenuhi syarat), pengamanan radiasi 75% (tidak memenuhi syarat), penyuluhan kesehatan lingkungan 100% (memenuhi syarat), dan unit/instalasi sanitasi rumah sakit 100% (memenuhi syarat).
Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa kondisi kesehatan lingkungan RSUD Prof Dr Margono Soekarjo Purwokerto mendapatkan skor 93,2% dan dikatakan memenuhi syarat, hanya saja terdapat satu variabel yang tidak memenuhi syarat yaitu pada variabel IX mengenai pengamanan radiasi, disarankan kepada pihak rumah saki dan bagian iplrs untuk lebih memperhatikan dampak yang ditimbulkan dengan cara melakukan pengadaan pelapisan timah hitam pada dinding dan daun pintu di ruang radiologi.

Daftarbacaan : 19 (1985-2015 )
Kata kunci     : Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit
Klasifikasi      : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar