Jumat, 28 Oktober 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2016

Abstrak
Mokhammad Marzulio Kadafi (marzuliokadafi.mk@gmail.com)
Pengaruh Berbagai Dosis Ekstrak Daun Pepaya California (Carica Papaya L) Terhadap Kematian Larva Aedes Aegypti Di Laboatorium Balai Litbang P2b2 Banjarnegara Tahun 2016
XIV + 55 halaman : gambar, tabel, lampiran

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit menular disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Pengendalian dapat dilakukan dengan membasmi nyamuk dewasa dan larva. pengendalian larva dapat dilakukan secara biologi, fisika dan kimia dengan menggunakan insektisida . Banyak dampak negatif dari penggunaan insektisida kimia dapat ditanggulangi dengan menggunakan bahan dari tumbuhan. Salah satunya daun pepaya california yang mengandung senyawa alkoloid karpain, flavonoid, saponin dan tanin sebagi larvasida .Tujuan penulisan karya tulis ilmiah ini adalah Mengetahui daya bunuh daun pepaya terhadap jentik nyamuk Aedes aegypti. mengetahui LC50 dan LC90, menganalisis perbedaan kematian. Aedes aegypti.
Metode Penelitian ini True eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan perhitungan dan penelitian di laboratorium. Analisis yang digunakan menggunakan analisis SPSS Anova dan Uji Probit. Hasil Penelitian kematian Larva Aedes aegypti pada konsentrasi 40% adalah 60%, konsentrasi 60 % = 80% dan konsentrasi 80% = 100%. LC50 yang direkomendasikan adalah 0,395% dan LC90 sebesar 0,625 %.
Hasil uji anova antar perlakuan (sig = .000) kurang dari nilai α (0,05), jadi artinya ada perbedaan
yang bermakna antara berbagai konsentrasi terhadap kematian larva Aedes aegypti. Kesimpulan penelitian ini, konsentrasi yang paling efektif adalah 80% yang mampu membunuh 100 % Larva . LC50 yang direkomendasikan sebesar 0,395% dan LC90 sebesar 0,625%. ada beda yang bermakna antara berbagai konsentrasi terhadap kematian larva Aedes aegypti.

Daftar Bacaan : 2002 - 2015
Kata Kunci : Ekstrak Daun Pepaya, Larva Aedes aegypti
Klasifikasi : -
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar