Kamis, 20 Oktober 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2016

Abstrak
HANUNG FITRI ATMOKO (hanungmoko88@gmail.com)
STUDI ANGKA KUMAN DI UDARA PADA BAGIAN RUANG PRODUKSI INDUSTRI JENANG JAKET JALAN ADIPATI MERSI NO 68 PURWOKERTO

Kualitas udara di dalam ruangan mempengaruhi kenyamanan lingkungan ruang kerja. Kualitas udara yang buruk akan membawa dampak negatif terhadap pekerja/karyawan. Industri makanan merupakan industri yang penting dalam mengolah bahan olahan makanan dengan baik serta diminimalisir dari pencemaran dilingkungannya yang dapat menularkan penyakit bagi pekerja maupun konsumennya.
Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan sanitasi ruangan, mengukur dan menghitung angka kuman udara, parameter fisik (suhu, kelembaban, pencahayaan di Industri Jenang Jaket Jalan Adipati Mersi No 68 Purwokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional yang menggunakan analisis tabel dan dibandingkan dengan Kepmenkes RI No. 1405 Tahun 2002 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Industri secara deskriptif.
Hasil penelitian Angka Kuman Udara rata – rata 12.000 CFU/m3, Pengukuran suhu di ruang produksi Jenang rata – rata 31,2oC, kelembaban rata – rata 53,8%. Pencahayaan rata – rata 30 Lux. Kualitas fisik bangunan adalah 65% dan parameter fisik udara di ruang produksi Industri Jenang Jaket yang mendukung pertumbuhan serta adanya kuman di udara.
Kesimpulan penelitian yaitu hasil pengukuran angka kuman udara tidak memenuhi standar (700 CFU/m3), suhu tidak memenuhi standar (18-30oC), kelembaban tidak memenuhi standar (65-95%), pencahayaan tidak memenuhi standar (200 lux). Saran yang dapat diberikan memasang langit – langit yang terbuat dari ternit, menambah ventilasi yang menggunakan system cross ventilation, membuang sampah setiap hari, memberi APD kepada pekerja seperti masker, penutup rambut, sarung tangan dan clemek.

Daftar bacaan : 23 (1984-2014)
Kata kunci     : Angka Kuman, Udara, Industri Jenang Jaket
Klasifikasi      : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar