Kamis, 20 Oktober 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2016

Abstrak
Aprilia Indah Setyaningrum (aiendah87@gmail.com)
DESKRIPSI PENGELOLAAN SAMPAH MEDIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KRT. SETJONEGORO WONOSOBO TAHUN 2016
xv + 81 halaman: gambar, tabel, lampiran

Rumah sakit merupakan salah satu penyelenggara pelayanan publik. Dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan berpotensi menghasilkan sampah. Salah satunya adalah RSUD KRT Setjonegoro Wonosobo merupakan rumah sakit milik pemerintah kabupaten Wonosobo dan merupakan salah satu rumah sakit yang menghasilkan sampah medis dari setiap kegiatan medis di dalam rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan sampah medis di RSUD KRT Setjonegoro Wonosobo.
Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif yang menggambarkan tentang pengelolaan sampah medis di RSUD KRT Setjonegoro Wonosobo. Penelitian dilakukan dengan cara observasi langsung mengenai pengelolaan sampah medis di RSUD KRT Setjonegoro Wonosobo.
Hasil penelitian rata-rata volume sampah medis RSUD KRT Setjonegoro per harinya adalah 630,6 liter/hari dengan rata-rata berat sampah medis per harinya adalah 79,08 kg/hari, dalam pengelolaan sampah medis tersebut masih ada yang belum sesuai dengan peraturan, seperti pengangkut sampah medis yang tidak rutin, tidak dilakukan pencucian dan pemberian desinfektan, masih adanya sampah non medis yang tercampur kedalam sampah medis. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pengelolaan sampah medis di RSUD KRT Setjonegoro masih ada yang belum sesuai standar yaitu pada fase pewadahan
belum dilakukan pencucian tempat sampah secara rutin dan waktu pengangkutan yang tidak tentu. Disarankan bagi penanggung jawab sampah medis dalam hal waktu pengangkutan agar lebih dipantau, bagi petugas pelaksana limbah tempat sampah/troli yang habis digunakan dicuci dan didesinfeksi, bagi tenaga medis rumah sakit diharapkan membuang sampah sesuai dengan jenisnya pada tempat sampah yang telah disediakan.

Daftar bacaan : 10 bacaan ( 1991 - 2013 )
Kata Kunci     : pengelolaan, sampah medis, rumah sakit
Klasifikasi       : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar