Jumat, 28 Oktober 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2016

ABSTRAK
Muhammad Fadli Rachman (Fadlim519@gmail.com)
TINJAUAN PENGELOLAAN SAMPAH PASAR SAYUR DAN BUAH KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2016
Xiv +67 halaman: 3 gambar, 7 tabel, 7 lampiran

Pasar merupakan tempat untuk melakukan aktifitas transaksi antara penjual dan pembeli. Pasar selalu menghasilkan sampah dengan jumlah banyak. Sampah yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan dampak negatif bagi manusia, pencemaran lingkungan hingga menimbulkan penularan penyakit.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang penimbulan sampah, pewadahan sampah, pengumpulan sampah, pengangkutan sampah, pengolahan sampah dan pembuangan akhir sampah. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif yaitu mendiskripsikan tentang pengelolaan sampah di Pasar Sayur dan Buah Kecamatan Pemalang, meliputi penimbulan sampah, pewadahan sampah, pengumpulan sampah,
pengangkutan sampah, pengolahan sampah dan pembuangan akhir sampah.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan sampah di Pasar Sayur dan Buah Kecamatan Pemalang dengan jumlah penimbulan sampah rata-rata yaitu : 17,67 m3, yang terdiri dari sampah organik 15,57 m3 dan sampah anorganik 2,10 m3. Permasalahan yang ditemukan di Pasar Sayur dan Buah Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang antara lain jumlah sarana pewadahan sampah tidak mencukupi, kontruksi tempat sampah tidak berpenutup, berkarat dan pegangan tangan sudah hilang.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sistem pengelolaan sampah di Pasar Sayur dan Buah Kecamatan Pemalang belum memenuhi syarat, yaitu seperti belum adanya pengawasan dari pengelola pasar, sarana tempat sampah yang belum memenuhi syarat dan jumlah sarana tempat sampah tidak sesuai dengan jumlah
kios dan los pasar serta Alat Pelindung Diri (APD) yang digunakan petugas kebersihan belum lengkap. Saran bagi pihak pengelola pasar yaitu lebih meningkatkan pengawasan, tersedianya sarana pewadahan sampah yang memenuhi syarat dan menyediakan APD yang lengkap bagi petugas kebersihan.

Daftar bacaan : 19 ( 1982-2010 )
Kata kunci : pengelolaan sampah pasar
Klasifikasi :
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar