Jumat, 21 Oktober 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politekenik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2016

Abstrak
Jamian Ali Murtako (Jamianalimurtako@gmail.com)
DESKRIPSI SANITASI PONDOK PESANTREN MA’HADUT THALABAH KABUPATEN TEGAL
xv + 75 halaman, tabel, gambar, lampiran

Pondok pesantren adalah yayasan pendidikan islam dengan sistem boarding school (pendidikan bersama), sehingga membentuk komunitas sendiri yang anggotanya terdiri dari para santri, para guru/uztadz dan keluarga pengasuh pesantren. Berdasarkan survei yang peneliti lakukan di Pondok Pesantren Ma’hadut Thalabah ditemukan aspek sanitasi lingkungan yang belum memenuhi syarat, maka peneliti bertujuan melakukan penelitian di Pondok Pesantren Ma’hadut Thalabah untuk mengetahui lebih lanjut keadaan sanitasi di lingkungan pondok pesantren.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif. Subjek penelitian adalah tentang kondisi sanitasi pondok pesantren yang meliputi sanitasi lingkungan dan bangunan, sanitasi kamar atau ruang, pengelolaan sampah, pengolahan makanan dan minuman, pengendalian vector, keadaan jamban dan kamar mandi, saluran pembuangan air limbah dan kepadatan santri yang menempati satu kamar. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan pengukuran. Analisis data yang digunakan secara deskriptif untuk menggambarkan kondisi sanitasi pondok pesantren berasal dari hasil penelitian.
Hasil penelitian sanitasi Pondok Pesantren Ma’hadut Thalabah termasuk dalam kategori baik dengan presentase 75%. Kondisi lingkungan dan bangunan terawat, dilengkapi pagar, tata ruang dan penggunaannya sesuai dengan fungsinya. Kamar atau ruang tidak bersih, permukaan bagian dalam mudah dibersihkan, kepadatan hunian 1,54 m2 per orang, pencahayaan pagi 86,50 lux dan malam 30,29 lux, suhu pagi 31,19 oC dan malam 28,73 oC , kelembaban pagi 77,71% dan malam 85,07%, perbandingan jumlah jamban dengan penghuni 1:34 dan tempat sampah tidak terdapat tutup.
Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan adalah sanitasi Pondok Pesantren Ma’hadut Thalabah telah memenuhi syarat, termasuk dalam kategori baik. Tetapi masih ada beberapa komponen yang belum memenuhi syarat yaitu masih banyak sampah berserakan di halaman pondok pesantren, kepadatan penghuni dan jumlah jamban. Disarankan untuk penyediaan tempat sampah yang terdapat tutup, ditambahkan jumlah kamar dan jamban.

Daftar bacaan : 15 (1986-2016)
Kata kunci     : Sanitasi, Pondok Pesantren
Klasifikasi      : -
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar