Jumat, 21 Oktober 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2016

Abstrak
Imroatul Ngulya (ngulyaimroatul@gmail.com)
KOMPARASI PENURUNAN KADAR FOSFAT DENGAN MEDIA ADSORBEN ARANG SEKAM PADI DAN TANAH LEMPUNG MODIFIKASI PADA AIR LIMBAH DI INDUSTRI LAUNDRY “R” TAHUN 2016
XV+94 halaman: gambar, tabel, lampiran

Air limbah laundry mengandung fosfat yang pada umumnya dibuang langsung ke lingkungan. Sementara fosfat dapat diturunkan dengan media adsorben. Arang sekam padi dan tanah lempung modifikasi merupakan media adsorben. Tujuan penelitian ini untuk membandingkan penurunan kadar fosfat dengan media tanpa adsorben, arang sekam padi dan tanah lempung modifikasi pada air limbah di Industri Laundry “R” tahun 2016.
Jenis penelitian ini adalah eksperimental design. Penelitian dilakukan dengan mengukur kadar fosfat sebelum dan sesudah dialirkan tanpa media adsorben, media adsorben arang sekam padi dan tanah lempung modifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan persentase penurunan kadar fosfat yang dialirkan tanpa media adsorben diperoleh rata-rata sebesar 24,23% dan ada perbedaan bermakna (p=0,013). Persentase peningkatan kadar fosfat yang dialirkan tanpa media adsorben diperoleh rata-rata sebesar 95,40% dan tidak ada perbedaan bermakna (p=0,163). Persentase penurunan kadar fosfat yang dialirkan ke media adsorben tanah lempung modifikasi diperoleh rata-rata sebesar 31,35%, namun tidak ada perbedaan bermakna (p=0,137). Analisis statistik dengan uji Median diperoleh hasil p=0,043 yang menyatakan ada perbedaan penurunan kadar fosfat yang dialirkan ke media tanpa adsorben, arang sekam padi, dan tanah lempung modifikasi.
Kesimpulan penelitian adalah terjadi penurunan kadar fosfat setelah dialirkan ke media tanpa adsorben, terjadi peningkatan kadar fosfat setelah dialirkan ke media adsorben arang sekam padi, dan terjadi penurunan kadar fosfat setelah dialirkan ke media adsorben tanah lempung modifikasi. Saran pemilik Industri Laundry “R” memiliki IPAL dan mengolah limbahnya sebelum dibuang ke lingkungan, Balai Lingkungan Hidup dan Dinas Kesehatan setempat memfasilitasi dan memeriksa kualitas air limbah pada industri laundry secara berkala, peneliti lain perlu melanjutkan dengan menambah waktu kontak, menguji senyawa lain, kejenuhan dan cara meregenerasi adsorben tanah lempung modifikasi, serta media arang sekam padi tidak direkomendasikan.

Daftar Bacaan   : 32 (1975 - 2015)
Kata Kunci       : Kadar Fosfat, Arang Sekam Padi, Tanah Lempung Modifikasi
Klasifikasi         : -
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar