Kamis, 20 Oktober 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2016

ABSTRAK
Diah Ayu Ningtiyas (Diahayuningtiyas53@yahoo.com)
SURVEI TELUR CACING PADA KOTORAN KUKU DAN PERSONAL HYGIENE
PENJAMAH MAKANAN WARUNG TEGAL (WARTEG) DI KOTA TEGAL TAHUN
2016

XV + 112 halaman : gambar, tabel lampiran

Di kota Tegal Warteg diminati oleh banyak konsumen. Penjamah makanan berpotensi menularkan penyakit salah satunya penyakit kecacingan, oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan telur cacing pada penjamah makanan. Penelitian ini adalah penelitian survey yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian adalah penjamah makanan pada Warteg di kota Tegal. Data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan didukung dengan pemeriksaan laboratorium.
Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya telur cacing pada kotoran kuku dan Personal Hygiene penjamah makanan pada Warteg di kota Tegal Tahun 2016.
Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa Personal Hygiene penjamah makanan Warteg di kota Tegal adalah tidak baik. Tidak ditemukan telur cacing pada kotoran kuku penjamah makanan dan jenis telur cacing pada kotoran kuku penjamah makanan Warteg di kota Tegal.
Disimpulkan bahwa Personal Hygiene penjamah makanan Warteg di kota Tegal tidak baik tetapi tidak ditemukan telur cacing pada kotoran kuku dan jenis telur cacing penjamah makanan Warteg di kota Tegal. Untuk itu perlu memperbaiki lagi tentang Personal Hygiene penjamah makanan agar tetap sehat dan khususnya terhindar dari kontaminasi telur cacing.

Daftar bacaan : 30 (1990-2014)
Kata kunci      : Telur cacing, Kuku, Personal Hygiene dan Penjamah Makanan
Klasifikasi       : -
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar