Selasa, 06 Oktober 2020

TINJAUAN PENGELOLAAN SAMPAH DI RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS IIB KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2020

 Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Sanitasi Program Diploma III
Tugas Akhir, Mei 2020

Abstrak
Dinda Ayudya Purlamtasari (dindapbg65@gmail.com)
TINJAUAN PENGELOLAAN SAMPAH DI RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS IIB
KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2020
XV + 76 halaman: gambar, tabel, lampiran

Rumah Tahanan Negara merupakan tempat tersangka atau terdakwa ditahan selama proses penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di sidang pengadilan. Rumah Tahanan Negara selalu menghasilkan sampah dalam jumlah banyak. Dampak sampah yang ditimbulkan sangat perlu diperhatikan. Dengan adanya sampah yang tidak dikelola dengan benar, maka sampah-sampah tersebut dapat mengganggu keindahan lingkungan sekitar, akan menimbulkan gangguan kenyamanan, pencemaran lingkungan hingga menimbulkan gangguan kesehatan atau sebagai penularan penyakit. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penimbulan, pewadahan, pengumpulan, pengangkutan, dan sistem manajemen pengelolaan sampah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu mendiskripsikan tentang pengelolaan sampah Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kabupaten Purbalingga, mulai dari tahap penimbulan sampai pengangkutan sampah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengukuran volume penimbulan sampah di Rumah Tahanan Negara yaitu sebesar 2,51 lt/orang/hari. Tempat sampah sebanyak 22 buah. Kondisi tempat sampah berdasarkan penilaian yaitu pada tempat sampah dengan kapasitas 90 liter sebesar 55% dengan kondisi cukup baik, sedangkan tempat sampah dengan kapasitas 20 liter sebesar 66% dengan kondisi kurang baik. Pengangkutan sampah tidak dilakukan setiap hari.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengelolaan sampah dinilai kurang baik yaitu sebesar 44,4%. Peneliti menyarankan kepada petugas kebersihan sebaiknya memberi penutup pada alat (tempat sampah dan mobil pengangkut sampah,), dilakukan pemisahan sampah sesuai dengan jenisnya, petugas menggunakan APD yang lengkap (caping/topi, pakaian kerja khusus, masker, sarung tangan, dan sepatu boot) dan perlu adanya pengawasan terhadap pengelolaan sampah dari penanggung jawab pengelolaan sampah.

Daftar bacaan : 19 (1982-2020)
Kata kunci      : Pengelolaan sampah di Rumah Tahanan Negara, Kesehatan Lingkungan
Klasifikasi      :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar