Senin, 05 Oktober 2020

KADAR DUSTFALL (DEBU JATUH) PENGGILINGAN PADI “SRI DEWI” DESA PLUMBON KECAMATAN MOJOLABAN KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2020

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Sanitasi Program Diploma III
Tugas Akhir, Mei 2020

Abstrak
Ainaya Alya Rozali (alyarozali@gmail.com)
KADAR DUSTFALL (DEBU JATUH) PENGGILINGAN PADI “SRI DEWI” DESA PLUMBON
KECAMATAN MOJOLABAN KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2020

xvi + 70 halaman : gambar, tabel, lampiran.
Latar belakang masalah berdasarkan observasi lapangan ditemukan debu yang menempel pada mesin, dinding, lantai dan pekerja tidak menggunakan APD. Tujuan penelitian untuk mengetahui kadar debu jatuh di Penggilingan Padi “Sri Dewi” di Desa Plumbon Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo Tahun 2020.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif observasional. Pengukuran dilakukan pada enam titik sampel yang berada di penggilingan padi dan satu titik sampel yang berada di permukiman terdekat. Parameter yang diukur adalah kadar debu jatuh, suhu, kelembapan, kecepatan angin dan arah angin. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,dokumentasi, kuesioner dan cheklist. Data disajikan dakam bentuk tabel, gambar dan narasi.
Hasil pengukuran kadar debu jatuh menggunakan kertas saring dan timbangan pada enam titik sampel di penggilingan padi “Sri Dewi” dengan durasi pengukuran selama 6 hari didapatkan hasil rata-rata kadar debu jatuh 2,96 ton/km2/bulan, rata-rata suhu udara sebesar 32,160C, rata-rata kelembapan udara 53,8%, rata-rata kecepatan angin 0,47 m/s dan arah angin ke Utara . Hasil pengukuran kadar debu jatuh pada permukiman 2,05 ton/km2/bulan, rata-rata suhu udara 320C, rata-rata kelembapan udara 55%, rata-rata kecepatan angin 1,4 m/s, dan angin mengarah ke Utara. Simpulan berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kadar debu jatuh di penggilingan padi “Sri Dewi” dan permukiman terdekat tidak melebihi NAB. Peneliti menyarankan agar pihak pemilik rutin membersihkan separator cyclone, dan membuat slogan untuk menjaga kebersihan dan selalu menggunakan masker.

Daftar Bacaan :  27 (1995-2018)
Kata Kunci     :  Debu Jatuh, Udara, Penggilingan Padi, Kesehatan Lingkungan
Klasifikasi      :  -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar