Rabu, 07 Oktober 2020

STUDI INTENSITAS CAHAYA RUANG PRODUKSI PT. U.R.W KECAMATAN BANYUURIP KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2020.

 Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Sanitasi Program D III
Tugas Akhir, Mei 2020

Abstrak
Megawati Choirul Nisa (megawatichoirul99@gmail.com)
STUDI INTENSITAS CAHAYA RUANG PRODUKSI PT. U.R.W KECAMATAN BANYUURIP KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2020.
XV+ 77 halaman : gambar, tabel, lampiran

Keselamatan dan kesehatan kerja dipengaruhi banyak faktor. Dari faktor - faktor tersebut salah satu diantaranya adalah pencahanyaan. Pencahayaan berperan penting dalam faktor keselamatan yang ada pada lingkungan fisik pekerja. Hal ini diatur oleh Permenaker No. 5 Tahun 2019. Tujuan penelitian  mengukur intensitas pencahayaan di ruang produksi PT. URW tahun 2020.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, untuk menggambarkan keadaan lingkungan kerja yang berkaitan dengan kondisi intensitas pencahayaan di ruang produksi (ruang inspekting dan ruang cucuk) PT. URW. Analisis yang dilakukan secara deskritif dalam bentuk tabel dan narasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengukuran suhu rata-rata di ruang inspekting dan ruang cucuk yaitu 29,57oC dan 29,38oC, pengukuran kelembaban rata-rata di ruang inspekting dan ruang cucuk yaitu 75,3 % dan 78%, dan hasil pengukuran intensitas pencahayaan rata-rata di ruang inspekting, yaitu 275 lux, 266 lux dan 282 lux. dan pengukuran intensitas pencahayaan rata-rata di ruang cucuk yaitu 288 lux, 286 lux, dan 279 lux.
Kesimpulan penelitian ini adalah keadaan ruang produksi tidak memenuhi syarat, karena masih banyak sarana dan prasarana yang tidak terawat seperti pintu masih banyak debu, dinding masih kotor, langit-langit kotor. Hasil pengukuran suhu udara, kelembaban, dan intensitas pencahayaan rata-rata di ruang produksi tidak memenuhi syarat. Menurut Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 5 Tahun 2018 mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja Lingkungan Kerja. Nilai Ambang Batas yang digunakan untuk suhu udara di ruang kerja industri yang tepat yaitu 23oC-26oC, kelembaban di ruang kerja industri yang tepat yaitu 40%-60%, dan hasil pengukuran Intensitas pencahayaan untuk ruang kerja industri yang tepat adalah 300 lux.
Disarankan untuk selalu melakukan pengontrolan intensitas pencahayaan dari lampu yang ada secara rutin dan mengganti lampu-lampu yang sudah tidak sesuai, sehingga pencahayaan di ruang inspekting dan ruang cucuk dapat dimanfaat oleh para pekerja secara nyaman/ dapat memenuhi syarat.
 
Daftar Bacaan    :  12 ( 2001 – 2019 )
Kata Kunci        :   Pencahayaan, Ruang Produksi
Klasifikasi         :   -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar