Selasa, 06 Oktober 2020

STUDI ANGKA KUMAN PADA ALAT MAKAN DI RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS IIB KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2020


Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan lingkungan Purwokerto
Program Studi Sanitasi Program Diploma III
Tugas Akhir, Mei 2020
Abstrak
Gaby Ayu Ningtyas (gabyayu7@gmail.com)
STUDI ANGKA KUMAN PADA ALAT MAKAN DI RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS IIB KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2020
Xv + 59 halaman : gambar, tabel, lampiran

Alat makan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kontaminasi bakteri terhadap makanan. Makanan yang terkontaminasi bakteri melebihi standar angka kuman dapat menyebabkan gangguan kesehatan terhadap manusia seperti diare maupun keracunan makanan yang dapat disebabkan oleh tidak hygienisnya pengolahan makanan oleh penjamah makanan maupun pencucian alat makan yang belum memenuhi syarat. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui Jumlah Angka Kuman Pada Alat Makan di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kabupaten Purbalingga
Jenis penelitian ini adalah deskriptif, yang dimaksudkan untuk memperoleh gambaran tentang kualitas alat makan di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kabupaten Purbalingga.
Hasil penelitian angka kuman pada alat makan di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kabupaten Purbalingga pada sampel sendok sebesar 13 cfu/cm2, pada gelas sebesar 10 cfu/cm2, dan pada ompreng sebesar 50 cfu/cm2. Secara fisik alat makan di Rutan dalam kondisi baik dan layak pakai. Berdasarkan observasi menggunakan ceklist diketahui proses pencucian alat makan di Rutan Purbalingga tidak melewati proses desinfeksi serta tidak tersedia tempat penyimpanan alat makan yang tertutup. Di Rutan Purbalingga tidak tersedia SOP pencucian alat makan yang harus dilakukan oleh tahanan.
Kesimpulan angka kuman pada alat makan di Rumah Tahanan Kelas IIB Kabupaten Purbalingga melebihi batas standar yaitu sebesar 0 cfu/cm2. Selain itu, proses pencucian alat makan di Rutan tidak melalui proses desinfeksi dan tidak terseianya tempat penyimpanan alat makan yang tertutup. Saran yang dapat diberikan adalah disediakannya tempat penyimpanan alat makan yang lebih tertutup serta dibuatkan SOP pencucian alat makan yang memenuhi standar kepada para tahanan.

Daftar Bacaan :16 (1983 – 2020)
Kata Kunci      : Angka Kuman, Alat makan
Klasifikasi       : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar