Rabu, 07 Oktober 2020

STUDI KUALITAS LIMBAH CAIR INDUSTRI SOHUN PT SOKA INDAH DI DESA KARANGSOKA KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2020

 Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Sanitasi Program Diploma III
Tugas Akhir, Mei 2020

Abstrak
Bima Sakti Pamungkas (bimasaktipamungkas08@gmail.com)
STUDI KUALITAS LIMBAH CAIR INDUSTRI SOHUN PT SOKA INDAH DI DESA KARANGSOKA KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2020
xvii + 33 halaman : gambar, tabel, lampiran
 
Limbah cair yang dikeluarkan oleh industri sohun berpotensi menjadi masalah bagi lingkungan sekitarnya, karena pada umumnya industri sohun mengalirkan limbahnya langsung ke badan air atau ke sungai sehingga berpotensi mencemari lingkungan. Bila mengacu pada Perda Jateng No. 5 Tahun 2012 bahwa limbah cair diperkirakan mempunyai potensi menimbulkan dampak terhadap pencemaran lingkungan, Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kualitas limbah cair di Pabrik Sohun PT Soka Indah di Desa Karangsoka Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara kepada pengelola pabrik, observasi, dan melakukan pengukuran parameter kualitas air limbah.
Hasil penelitian, limbah cair di Pabrik Sohun PT Soka Indah tidak dilakukan prngolahan dan langsung dialirkan ke selokan yang mengarah ke sungai dan mengairi sawah. kualitas limbah cair di di Pabrik Sohun PT Soka Indah, kualitas pH pada air limbah yaitu 6, kualitas TSS pada air limbah yaitu 227,5 mg/l, kualitas BOD pada air limbah yaitu 2951,15 mg/l, dan kualitas COD pada air limbah yaitu 4676,5 mg/l. Kesimpulan penelitian ini adalah pH limbah cair memenuhi syarat, TSS pada limbah cair tidak memenuhi syarat, BOD pada limbah cair tidak memenuhi syarat, COD pada limbah cair tidak memenuhi syarat. Saran sebaiknya pabrik sohun mengetahui dampak dari buangan air limbah sohun ke lingkungan dan menambahkan pengadaan IPAL.

Daftar Baca : 15 (1986 - 2019)
Kata kunci  : Limbah cair, Industri Sohun, Kesehatan Lingkungan
Klasifikasi  :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar