Selasa, 06 Oktober 2020

Deskripsi Higiene Sanitasi Jasaboga Golongan B Pada Pelaksanaan Embarkasi Haji Di Asrama Haji Bekasi Tahun 2019

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Sanitasi Program Diploma III
Tugas Akhir, Mei 2020
Abstrak
Fahrul Nur Romadhon (Fahrulnurrr@gmail.com)
Deskripsi Higiene Sanitasi Jasaboga Golongan B Pada Pelaksanaan Embarkasi Haji Di Asrama Haji Bekasi Tahun 2019
xvi + 53 halaman: gambar, tabel, lampiran

Pemeriksaan sanitasi jasaboga asrama haji, meliputi pra embarkasi dan embarkasi. Dari hasil survey pendahuluan, PPIH Asrama Haji telah melaksanakan Inspeksi kesehatan lingkungan asrama haji, terdapat permasalahan pada pemeriksaan usap dubur penjamah makanan yang dilakukan h-3 embarkasi, dan hasil laboratorium baru diketahui setelah 14 hari atau h+11 embarkasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran upaya higiene sanitasi jasaboga golongan B pada pelaksanaan embarkasi haji di Asrama haji Bekasi.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan melakukan pengamatan dan wawancara dengan responden pihak KKP kelas II Bandung, hasilnya diolah dan disajikan dalam bentuk narasi dan tabel kemudian dianalisis dan dibandingkan dengan persyaratan yang ada.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan menggunakan kuesioner dan wawancara daring, persyaratan perijinan jasaboga pemenang lelang yang dilakukan oleh PPIH telah memenuhi persyaratan, tenaga penjamah merupakan tenaga cabutan hanya mengumpulkan identitas diri, hasil laboratorium usap dubur tenaga penjamah terdapat 25 orang positif salmonella dan shigella hal ini tidak memenuhi persyaratan, TPM telah memenuhi persyaratan tetapi masih ada sarana sanitasi yang kurang memenuhi persyaratan, kegiatan pengawasan dan penilaian higiene sanitasi telah memenuhi persyaratan meliputi pra embarkasi sampai dengan embarkasi namun perlu dilakukan uji petik pada alat masak untuk penyelenggaraan haji selanjutnya.
Kesimpulan yang didapat yaitu persyaratan perijinan jasaboga, lokasi tempat pengolahan makanan, dan proses pemantauan dan penilaian higiene sanitasi jasaboga telah memenuhi persyaratan SOP Sanitasi Lingkungan Asrama Haji, ketenagaan penjamah makanan tidak memenuhi persyaratan Permenkes 1096 tahun 2011 tentang Higiene Sanitasi Jasaboga. Saran yang dapat diberikan yaitu memberikan masukan kepada pihak jasaboga untuk perekrutan tenaga penjamah menyertakan sertifikat kursus penjamah, pemberian tenggang waktu pada pemeriksaan kesehatan agar apabila ada hasil laboratorium yang tidak sesuai, penjamah makanan dapat diganti, bekerjasama dengan pihak Asrama haji untuk pemeliharan secara berkala seluruh bangunan Asrama haji

Daftar bacaan  :  17 (2003 – 2020)
Kata kunci       :  Jasaboga, Sanitasi makanan dan minuman, Asrama haji
Klasifikasi       :  -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar