Senin, 05 Oktober 2020

STUDI BAKTERI Escherichia coli PADA ES TEH MANIS DI KANTIN SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI BATURRADEN TAHUN 2020

 Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Prodi Sanitasi Program D III
Tugas Akhir, Mei 2020

ABSTRAK
Citra Mila Anggraeni (citramia06@gmail.com)
STUDI BAKTERI Escherichia coli PADA ES TEH MANIS DI KANTIN SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI BATURRADEN TAHUN 2020
Xv + 105 halaman : gambar, tabel, lampiran

Kejadian penyakit yang ditularkan melalui makanan dan minuman cukup besar, hal ini dilihat dari banyaknya kejadian keracunan makanan bahkan di beberapa daerah hingga terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB). Saat ini banyak ditemukan berbagai berbagai jenis penjual makanan dan minuman di tempat-tempat umum dalam kondisi terbuka. Salah satu tempat umum yaitu kantin sekolah. Hygiene dan sanitasi dalam menyediakan minuman merupakan indicator terhadap keberadaan bakteri Escherichia coli pada minuman yang disajikan.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran hygiene sanitasi kantin dan keberadaan bakteri Escherichia coli pada minuman es teh manis yang dijual di kantin Sekolah Menengah Atas Negeri Baturraden. Variabel yang diperiksa meliputi hygiene sanitasi kantin dan penjamah serta keberadaan bakteri Escherichia coli pada es teh manis. Jenis penelitian ini yaitu observasional. Sampel penelitian adalah 3 kios di kantin SMA Negeri Baturraden dengan 3 sampel es teh manis, 3 sampel es batu dan 1 sampel air minum dalam kemasan galon.
Hasil penelitian menunjukkan personal hygiene penjamah makanan memenuhi syarat (100%), pemilihan bahan baku memenuhi syarat (100%), penyimpanan bahan baku memenuhi syarat (100%), pengolahan minuman tidak memenuhi syarat (94,4), peralatan pengolahan minuman tidak memenuhi syarat (80%), penyimpanan minuman memenuhi syarat (100%), pengangkutan minuman memenuhi syarat (100%), dan penyajian minuman memenuhi syarat (100%). Keseluruhan sampel 3 es teh manis, 3 es batu tidak memenuhi syarat dengan MPN tertinggi 38/100ml dari persyaratan yaitu 0/100ml. Dan sampel untuk Air Minum Dalam Kemasan galon memenuhi syarat dengan hasil 0/100ml.
Kesimpulan dari penelitian di kantin SMA Negeri Baturraden Hygiene sanitasi makanan dan minuman serta personal hygiene belum memenuhi syarat, pemeriksaan sampel es teh dan es batu tidak memenuhi syarat dan sampel Air Minum Dalam Kemasan memenuhi syarat. Disarankan bagi pihak sekolah perlu dilakukan pelatihan dan pemeriksaan rutin kepada pihak kantin agar mengelola minuman yang sesuai standard kesehatan yang diharapkan, serta perlu diakannya perbaikan bangunan dikantin yaitu di langit-langit kantin.

Kepustakaan     : 19 (1995-2020)
Kata kunci         : Kantin Sekolah, Es Teh Manis, Bakteri Escherichia coli
Klasifikasi         : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar