Kamis, 08 Oktober 2020

DESKRIPSI POTENSIAL VEKTOR DAN BINATANG PEMBAWA PENYAKIT DI PELABUHAN TANJUNG INTAN KABUPATEN CILACAP TAHUN 2020

 Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Sanitasi Program Diploma III
Tugas Akhir, Mei 2020

Abstrak
Puput Irawati (puputirawati908@gmail.com)
DESKRIPSI POTENSIAL VEKTOR DAN BINATANG PEMBAWA PENYAKIT DI PELABUHAN TANJUNG INTAN KABUPATEN CILACAP TAHUN 2020
Xv+ 96 halaman: tabel, gambar, lampiran
 
Penyakit yang ditularkan oleh vektor masih menjadi penyakit endemis yang dapat menimbulkan wabah atau kejadian luar biasa serta dapat menimbulkan gangguan kesehatan masyarakat sehingga perlu dilakukan upaya pengendalian atas penyebaran vektor dan BPP. Laporan pengawasan fumigasi kapal oleh kantor kesehatan pelabuhan Cilacap menyatakan bahwa di kapal TB. COMAR SATU pada tanggal 22 Mei 2019 dan kapal TB. PATRATUNDA 4202 pada tanggal 28 Mei 2019 di dapatkan hasil inspeksi dari pemeriksaan sanitasi kapal di dapur, ruang saji, di gudang, kamar/ kabin tidak bebas dari vektor dan reservoir penyakit. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran pemeriksaan potensial vektor dan binatang pembawa penyakit di Pelabuhan Tanjung Intan Kabupaten Cilacap. 
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Pengolahan data menggunakan editing,coding,dan tabulating. Data dalam penelitian disajikan dalam bentuk tabel dan narasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis tabel. 
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemeriksaan kapal yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Intan menunjukan bahwa tidak ditemukannya tanda-tanda keberadaan vektor dan BPP. Kegiatan survei potensial vektor di wilayah perimeter didapatkan hasil bahwa Density Figure (DF) yaitu 1 dan 3 yang berarti kepadatan sedang. Lalu nilai Angka Bebas Jentik (ABJ) adalah 84,6 % , Indeks habitat (IH) 0%, Resting Rate (RR) 0,025, Man Hour Density (MHD) 0,15 , Success trap 5% dengan 2 tikus yang ditemukan dengan jenis R. Tanezumi yang tidak terdapat pinjal didalamnya sehingga Indeks pinjal umumnya adalah 0. Kemudian kepadatan lalat di 4 lokasi pengukuran dengan hasil 7ekor/ blok grill, 2 ekor/ blok grill, 7 ekor/ blok grill, 1 ekor/ blok grill dan kepadatan kecoa di sekitar Pelabuhan dengan angka kepadatan 0. Kesimpulan penelitian adalah Pelabuhan Tanjung Intan Kabupaten Cilacap dinyatakan sehat dari pemeriksaan vektor dan BPP. Saran yang dapat penulis berikan adalah sebaiknya melakukan penyuluhan sebelum di lakukan tindakan pengendalian agar hasil yang didapatkan lebih akurat dan melakukan evaluasi dengan membandingkan sebelum dan sesudah di lakukan kegiatan untuk mengetahui efektivitas dari tindakan pengendalian tersebut.

Daftar bacaan : 23 (1993-2019)
Kata kunci      : Vektor, Binatang Pembawa Penyakit, Pelabuhan
Klasifikasi      : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar