Kamis, 08 Oktober 2020

STUDI HYGIENE SANITASI DAN PEMERIKSAAN BAKTERI Escherichia coli PADA MAKANAN JAJANAN DI SEKOLAH DASAR WILAYAH DESA CINGEBUL KECAMATAN LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2020

 Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Sanitasi Program Diploma III
Tugas Akhir, Mei 2020
Abstrak
Siti Nurlaelasari ( lela09328@gmail.com )
STUDI HYGIENE SANITASI DAN PEMERIKSAAN BAKTERI Escherichia coli PADA MAKANAN JAJANAN DI SEKOLAH DASAR WILAYAH DESA CINGEBUL KECAMATAN LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2020
XV + 44 halaman: gambar, tabel, lampiran 

Makanan dan minuman merupakan bahan yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup, yang berguna bagi kelangsungan hidupnya. Makanan sangat penting baik untuk pertumbuhan maupun mempertahankan kehidupan. Makanan jajanan yang dibuat harus memenuhi persyaratan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1096 Tahun 2011 Tentang Higiene Sanitasi Jasa boga untuk batas cemaran bakteri Escherichia coli. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya bakteri Escherichia coli pada makanan jajanan serta untuk mengetahui kondisi hygiene dan sanitasi tempat pengolahan makanan jajanan. Jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah inspeksi hygiene tempat pengolahan makanan dan pemeriksaan kandungan bakteri Escherichia coli pada makanan dan minuman yang dijual di SDN Cingebul Kecamatan Lumbir. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu checklist dan data sekunder berupa data laboratorium. 
Hasil pemeriksaan kandungan bakteri Escherichia coli pada 4 (empat) sampel makanan jajanan yang diperiksa yaitu pada 3 (tiga) sampel tidak memenuhi syarat dan 1 (satu) sampel sudah memenuhi syarat. Hasil pengukuran checklist hygiene tempat pengolahan makanan yang meliputi: personal hygiene, bahan, alat, 6 prinsip hygiene sanitasi makanan dan minuman (pengamanan bahan makanan, penyimpanan bahan makanan, pengolahan makanan, pengangkutan makanan, penyimpanan makanan dan penyajian makanan) didapatkan hasil dari produsen yaitu 65% masuk pada kategori baik.
Kesimpulan bahwa untuk pemeriksaan kandungan bakteri Escherichia coli pada 4 (empat) sampel makanan, 3 (tiga) sampel makanan tidak memenuhi syarat. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1096 Tahun 2011 Tentang Higiene Sanitasi Jasa boga untuk batas cemaran bakteri Escherichia coli adalah 0 (nol). Oleh karena itu disarankan untuk lebih memperhatikan hygiene dan sanitasi tempat pengolahan serta 6 prinsip hygiene sanitasi makanan dan minuman supaya menjadi lebih baik lagi dalam pengolahannya, agar makanan yang dikonsumsi memenuhi syarat kesehatan. 

Daftar Bacaan : 18 (1987-2019) 
Kata Kunci      : Escherichia coli, makanan jajanan sekolah 
Klasifikasi       : -

1 komentar:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus