Selasa, 06 Oktober 2020

STUDI PENGELOLAAN SAMPAH NON MEDIS DI RUMAH SAKIT ANANDA PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2020

 Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Sanitasi Program Diploma III
Tugas Akhir, 01 Mei 2020
Abstrak
Kholid Diyanowo (lemud2304@gmail.com)
STUDI PENGELOLAAN SAMPAH NON MEDIS DI RUMAH SAKIT ANANDA PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2020
XV + 65 halaman: gambar, tabel, lampiran

Rumah Sakit Ananda Purwokerto merupakan salah satu rumah sakit swasta tipe-C menghasil-kan sampah non medis dari hasil kegiatan pelayanannya. Penanganan sampah non medis yang kurang baik akan menimbulkan masalah kesehatan pada pekerja, pengunjung dan lingkungan rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan sampah non medis di Rumah Sakit Ananda Purwokerto.
Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif. Penelitian dilakukan dengan cara observasi dan wawancara berkaitan tentang pengelolaan sampah non medis.
Berdasarkan data pengukuran timbulan sampah non medis oleh pihak rumah sakit rata-rata berat sampah non medis yaitu 308,6 kg/hari. Pengelolaan sampah tersebut masih ada yang belum sesuai dengan peraturan, seperti pewadahan sampah non medis belum ada pemisahan antara jenis sampah organik dan anorganik, masih terdapat sampah medis yang tercampur dengan sampah non medis, perilaku petugas dalam pengumpulan masih mencampurkan sampah medis dan sampah non medis di troli pengangkut, belum ada jalur khusus pengumpulan sampah non medis ke TPS, dan petugas pelaksana pengelolaan sampah non medis masih ada yang tidak menggunakan APD secara lengkap.
Hasil penilaian checklist pengelolaan sampah non medis di Rumah Sakit Ananda Purwokerto diperoleh nilai 82,06% yang berarti kategori penilaiannya yaitu baik dan memenuhi standar menurut Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 7 Tahun 2019, tentang Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit batas standar penilaian checklist pengelolaan sampah non medis di rumah sakit swasta tipe C yaitu 65-85%. Saran peneliti dalam perbaikan pengelolaan sampah non medis mulai dari tahap pewadahan sampah non medis disediakan tempat terpisah sesuai jenisnya, memisahkan troli pengangkut sampah non medis dengan sampah medis, pemberian jalur khusus dalam pengumpulan ke TPS dan petugas diharapkan memakai APD yang lengkap serta melengkapi sarana dan prasarana penujang pengelolaan sampah non medis supaya lebih dioptimal-kan.

Daftar bacaan : 15 bacaan (1982-2019)
Kata Kunci     : pengelolaan, sampah non medis, rumah sakit
Klasifikasi      : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar