Senin, 05 Oktober 2020

STUDI PENGELOLAAN LIMBAH CAIR PABRIK KARET PTPN IX KEBUN KRUMPUT KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2020

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Sanitasi Program Diploma III
Tugas Akhir, Mei 2020

Abstrak
Alif Faldy Febriawan (aliffaldyfebriawan@gmail.com)
STUDI PENGELOLAAN LIMBAH CAIR PABRIK KARET PTPN IX KEBUN KRUMPUT KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2020
xiv + ... halaman: gambar, tabel, lampiran

PTPN IX Kebun Krumput merupakan pabrik karet yang menghasilkan limbah cair yang mengandung senyawa kimia maupun senyawa organik dalam proses kegiatan produksinya. Adanya kandungan bahan tersebut salah satunya menyebabkan nilai BOD(Biological Oxygen Demand) dan COD (Chemical Oxygen Demand) pada limbah cair yang dihasilkan pabrik karet tinggi. Meningkatnya nilai BOD dan COD melebihi baku mutu membuat limbah cair yang dibuang ke badan air memilliki kualitas buruk sehingga mencemari lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan limbah cair pabrik karet PTPN IX Kebun Krumput Kabupaten Banyumas.
Jenis penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif yaitu pengumpulan data sekaligus di suatu waktu yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan limbah cair pabrik pabrik karet di PTPN IX Kebun Krumput Kabupaten Banyumas.
Pengelolaan limbah cair masuk dalam bagian teknik dengan 2 orang karyawan sebagai operator IPAL dan administrasi IPAL. Kegiatan produksi yang menjadi sumber limbah cair berasal dari proses pembekuan dan penggilingan lateks. Penyaluran limbah cair menggunakan pipa besi terkubur tanpa manhole dan parit menuju kolam IPAL. Tahapan pengolahan IPAL dimulai dari bak equalisasi, bak trappping, bak anaerob, kolam fakultatif, dan bak kontrol. Setelah melihat hasil pengukuran kualitas limbah cair selama tahun 2018 hingga bulan Mei 2019 didapati hasil pengolahan masih sering melebihi baku mutu Perda Jateng No.5 tahun 2012 tentang baku mutu air limbah. Pemeliharaan dilakukan dengan pembersihan parit dari kotoran yang menyumbat aliran, pengangkatan sisa karet yang mengambang dari bak trapping, dan pencegahan kolam fakultatif dari pendangkalan kolam.
Kesimpulan penelitian ini adalah PTPN IX Kebun Krumput perlu membentuk tim khusus penanganan limbah agar pengelolaan limbah cair dapat optimal sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar. Bekerja sama dengan pihak terkait penanganan limbah agar terciptanya pemeliharaan dan pengawasan IPAL yang baik.

Daftar Bacaan :  28 (1987-2019)
Kata Kunci     :  Pengelolaan Limbah Cair, IPAL Pabrik Karet
Klasifikasi      :   - 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar