Senin, 05 Oktober 2020

STUDI HYGIENE SANITASI PENGELOLAAN MAKANAN DAN MINUMAN PADA RESTORAN DI HOTEL QUEEN GARDEN BATURRADEN TAHUN 2020

 Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, Mei 2020

Abstrak
Ajeng Febiola (ajengfebiola464@gmail.com)
STUDI HYGIENE SANITASI PENGELOLAAN MAKANAN DAN MINUMAN PADA RESTORAN DI HOTEL QUEEN GARDEN BATURRADEN TAHUN 2020
XVI + 61 halaman: gambar, tabel, lampiran

Hotel merupakan tempat usaha bagi umum yang menyediakan fasilitas penginapan, restoran, kolam renang, pertokoan kecil dan sebagainya. Hotel Queen garden sama fungsinya seperti hotel pada umumnya yaitu tempat menginap para tamu dari dalam maupun dari luar kota, sehingga memungkinkan terjadinya penularan oenyakit apabila tidak memenuhi syarat. Berdasarkan pengamatan awal peneliti keadaan sanitasi Hotel queen garden baturraden mempunyai sarana dan prasarana yang memenuhi syarat tetapi ada pula yang belum memenuhi syarat seperti tempat sampah sementara tidak tertutup, peletakan peralatan masak yang tidak tertata rapi, dan lantai terlihat kurang bersih. Bila beberapa sarana sanitasi tersebut tidak memenuhi syarat kesehatan, maka kemungkinan timbulnya berbagai macam penyakit, baik penyakit menular maupun penyakit tidak menular seperti penyakit kulit dan keracunan makanan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pemilihan bahan makanan, penyimpanan bahan makanan, pengolahan makanan, penyimpanan makanan, pengangkutan makanan, dan penyajian makanan.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif , yaitu menggambarkan kondisi hygiene sanitasi makanan di Hotel Queen Garden Baturraden. Analisa yang digunakan dengan membandingkan antara hasil dengan parameter.
Hasil penelitian diperoleh gambaran kondisi hygiene sanitasi hotel adalah dimulai dari penyediaan bahan makanan, penyimpanan bahan makanan, pengolahan makanan, pengangkutan makanan, penyimpanan makanan, dan penyajian makanan sudah baik dan memenuhi syarat dengan hasil checlist rata – rata 91,28%.
Simpulan yang didapat yaitu hygiene sanitasi pengelolaan makanan dan minuman pada restoran hotel queen garden baturraden sudah baik. Hal tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1098/Menkes/SK/VII/2003 tentang Persyaratan Hygiene Sanitasi Rumah Makan dan Restoran. Saran yang dapat diberikan yaitu lebih memperhatikan tempat penyimpanan peralatan dan tempat pengolahan agar tidak terjadi kontaminasi, selain itu pihak hotel bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Banyumas untuk melakukan pemeriksaan mikroorganisme pada makanan dan minuman secara rutin.

Daftar bacaan : 16 (1976-2020)
Kata kunci      : Sanitasi Makanan dan Minuman
Klasifikasi      :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar