Selasa, 06 Oktober 2020

DESKRIPSI PENGELOLAAN LINEN RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DI JAWA TENGAH TAHUN 2020

 Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Sanitasi Program Diploma III
Tugas Akhir, Mei 2020
ABSTRAK
Ghoriba Farihatun An Najwa (ghoribanajwa12@gmail.com)
DESKRIPSI PENGELOLAAN LINEN RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DI JAWA TENGAH TAHUN 2020

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2019 tentang Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit meliputi standar baku mutu kesehatan lingkungan salah satunya pengawasan linen (laundry). standar kuman bagi linen dan seragam tenaga medis bersih setelah keluar dari proses cuci tidak mengandung 20 CFU per 100cm persegi. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui pengelolaan linen ruang rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah.
Jenis penelitian adalah deskriptif. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah analisis data sekunder. Metode ini digunakan karena kondisi pembatasan kegiatan selama pandemi Covid-19, penelitian tidak dapat dilaksanakan, dan dilakukan dengan cara lain yaitu menggunakan data dari penelitian sejenis. Data yang diperoleh dari kunjungan pendahuluan juga digunakan untuk membuat perkiraan pengelolaan linen ruang rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengelolaan Linen Ruang Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah yaitu, tenaga pengelolaan linen memenuhi syarat di RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga berjumlah 11 orang dan di RSUD dr. M. Ashari Pemalang ada 13 orang, bahan pengelolaan linen di RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga ada tiga jenis dan di RSUD dr. M. Ashari Pemalang ada enam jenis, alat pengelolaan linen di RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga dan di RSUD dr. M. Ashari Pemalang ada, anggaran pengelolaan linen di RSUD dr. M. Ashari Pemalang dan RSUD Tugurejo Jawa Tengah memenuhi syarat / mencukupi, ruang pengelolaan linen di RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga dan di RSUD dr. M. Ashari Pemalang memenuhi syarat, proses pengelolaan linen di RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga dan di RSUD Ajibarang memenuhi syarat, dan angka kuman linen di RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga tidak memenuhi syarat adalah 2,769x105 105 spora spesies basillus per inchi persegi dan di RSUD dr. Ashari Pemalang yang memenuhi syarat dari Instalasi Rawat Inap adalah sprei 1 CFU/ 100 cm2, sarung bantal 1 CFU/ 100 cm2, selimut 1 CFU/ 100 cm2, handuk 0 CFU/ 100 cm2 dan yang tidak memenuhi syarat adalah perlak 29 CFU/ 100 cm2. Suhu 32,9°C tidak memenuhi syarat, kelembapan 64% tidak memenuhi syarat, ventilasi ruangan memenuhi syarat.
Kesimpulan, terdapat ruang pengelolaan linen di Rumah Sakit Umum Daerah yang tidak memenuhi syarat seperti lantai, dinding, ventilasi, langit – langit, suhu dan kelembaban serta proses yang tidak memenuhi syarat yaitu pada proses pengangkutan linen kotor sehingga disarankan kepada pihak pengelola linen untuk lebih memperhatikan proses pengelolaan linen dan memperbaiki komponen ruang pengelolaan linen yang tidak memenuhi syarat.

Daftar Bacaan : 12 (2004-2019)
Kata Kunci      : Linen, angka kuman, rumah sakit
Klasifikasi       : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar