Selasa, 06 Oktober 2020

DESKRIPSI KEPADATAN LALAT DENGAN VARIASI WARNA FLY GRILL DI TPS PASAR BESITO KABUPATEN KUDUS TAHUN 2020

 Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Sanitasi Program Diploma III
Tugas Akhir, Mei 2020
ABSTRAK
Jordan Nanda Pradana (Jordannandaa@gmail.com)
DESKRIPSI KEPADATAN LALAT DENGAN VARIASI WARNA FLY GRILL DI TPS PASAR BESITO KABUPATEN KUDUS TAHUN 2020
XVII + 60 halaman : gambar, tabel, lampiran

Lalat adalah serangga yang termasuk ordo Dhiptera yang dapat bertindak sebagai vektor mekanis dari suatu penyakit. Lalat, seperti serangga pada umumnya mempunyai kepekaan (sensitivitas) terhadap perbedaan panjang gelombang cahaya (warna). Tetapi, tidak semua warna dapat dikenali dan disenangi oleh lalat karena lalat peka terhadap warna tertentu. Tujuan penelitian untuk mengetahui kepadatan lalat dengan variasi warna fly grill, sehingga kita dapat mengendalikan atau mengurangi jumlah lalat yang hinggap pada tempat sampah tersebut.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu untuk memperoleh gambaran kepadatan lalat pada berbagai warna fly grill di TPS Pasar Besito. Penelitian dilakukan di TPS Besito Kudus dengan cara pengukuran, pengamatan dan wawancara dengan pengelola pasar selama 3 hari. Pada titik yang ditentukan dilakukan perhitungan kepadatan lalat sebanyak 10 kali dan 5 perhitungan tertinggi dirata-rata. Fly grill yang digunakan dicat berwarna putih, kuning, dan biru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah lalat yang hinggap pada fly grill warna putih rata-rata sebanyak 7 ekor/block grill, warna kuning sebanyak 11 ekor/block grill, dan fly grill warna biru sebanyak 5 ekor/block grill.
Kesimpulan yang dapat ditarik adalah jumlah lalat terbanyak terdapat pada fly grill warna kuning dan paling sedikit pada fly grill berwarna biru. Sehingga lalat tidak suka warna biru karena lalat tidak peka terhadap warna biru.

Daftar bacaan : 20 (1992-2019)
Kata Kunci     : Lalat, fly grill, warna
Klasifikasi      : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar