Selasa, 06 Oktober 2020

ANALISIS HASIL PENGUKURAN KUALITAS FISIKA UDARA DI RUANG TUNGGU TERMINAL BUS BULUPITU PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2020 (Telaah Karya Tulis Ilmiah Anugrah Putradana, 2015)

 Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Sanitasi Program Diploma III
Tugas Akhir, Juni 2020
Abstrak
Fuadil Syafli (fuadilsyaflie@gmail.com)
ANALISIS HASIL PENGUKURAN KUALITAS FISIKA UDARA DI RUANG TUNGGU TERMINAL BUS BULUPITU PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2020 (Telaah Karya Tulis Ilmiah Anugrah Putradana, 2015)
xvi + 53 halaman : gambar, tabel, lampiran

Ruang Tunggu penumpang dan pembelian tiket terminal merupakan ruangan yang banyak dikunjungi oleh penumpang yang sedang menunggu bus dan/atau melakukan pembelian tiket. Ruangan ini sangat berhubungan dengan penumpang. Pengawasan kualitas fisik udara di kawasan Ruang Tunggu Terminal Bulupitu Purwokerto perlu diperhatikan. Kualitas fisik udara yang memenuhi syarat akan memberikan rasa nyaman dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan. Tujuan untuk mengetahui kondisi kualitas fisik udara di Ruang Tunggu Terminal Bus Bulupitu Purwokerto Kabupaten Banyumas.
Jenis penelitian ini penelitian deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui kualitas fisik udara di Ruang Tunggu Terminal Bus Bulupitu Purwokerto Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis data sekunder. Metode ini digunakan karena kondisi pembatasan kegiatan selama pandemi Covid-19, penelitian tidak dapat dilaksanakan, dan dilakukan dengan cara lain yaitu menggunakan data sekunder dari Karya Tulis Ilmiah Anugrah Putradana Tahun 2015 dan melakukan observasi secara langsung.
Hasil analisis data sekunder dari Karya Tulis Ilmiah Anugrah Putradana Tahun 2015, kelembapan dan intensitas suara di ruang tunggu memenuhi syarat yaitu 56,67 % dan 66,615 dBA, suhu dan intensitas cahaya di ruang tunggu tidak memenuhi syarat yaitu 29,5 oC dan 19,33 lux. Sarana dan prasarana bangunan masuk kategori sangat baik.
Kesimpulan bahwa suhu dan intensitas cahaya ruang tunggu Terminal Bus Bulupitu tidak memenuhi syarat, sedangkan kelembapan dan intensitas suara ruang tunggu Terminal Bus Bulupitu memenuhi syarat. Peneliti menyarankan untuk memasang ventilasi mekanik seperti kipas angin dan menyalakan sebagian lampu.

Daftar Baca : 16 (2001 - 2019)
Kata Kunci  : Kualitas fisik, Udara, Ruang Tunggu, Terminal
Klasifikasi   :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar