Senin, 30 September 2019

TINJAUAN SANITASI STASIUN KERETA API PURWOKERTO DAERAH OPERASI V PURWOKERTO TAHUN 2019

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, Mei 2019
Abstrak
Eko Yudiriyanto (ekoyudir@live.com)
TINJAUAN SANITASI STASIUN KERETA API PURWOKERTO DAERAH OPERASI V PURWOKERTO TAHUN 2019
XVII+71 halaman: tabel, gambar, lampiran

Stasiun kereta api sebagai tempat umum dan tempat berkumpulnya pengguna jasa kereta api harus senantiasa mendapatkan pengawasan sanitasi karena jika tidak dapat menjadi penularan penyakit, kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, serta menurunya kualitas kesehatan lingkungan. Tujuan penelitian untuk mengetahui sanitasi dasar, sanitasi bagian luar, sanitasi bagian dalam, dan sanitasi bagian fasilitas pendukung di stasiun kereta api Purwokerto.
Jenis penelitan adalah deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh deskripsi keadaan sanitasi di stasiun kereta api Purwokerto Cara pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dengan pengelola dan karyawan stasiun, observasi langsung pada obyek yang diteliti serta dilakukan pengukuran, meliputi sanitasi dasar, sanitasi bagian luar, sanitasi bagian dalam, dan sanitasi bagian fasilitas pendukung, pengukuran pencahayaan, suhu, kelembaban di stasiun kereta api Purwokerto, kemudaian di analisis dan dibandingkan dengan peraturan yang ada.
Hasil penelitian menunjukan bahwa keadaan sanitasi Stasiun Kereta Api Purwokerto Tahun 2019 didapatkan hasil sebesar 91,89 % dengan rincian adalah sanitasi dasar sebesar 93,02%, sanitasi bagian luar stasiun sebesar 89,65%, sanitasi bagian dalam stasiun sebesar 97,87% dan sanitasi bagian fasilitas pendukung stasiun sebesar 89,47%.
Kesimpulan bahwa keadaan sanitasi stasiun kereta api Purwokerto termasuk dalam kategori memenuhi syarat tetapi masih ada beberapa variabel yang belum memenuhi syarat yaitu kondisi TPS yang masih belum tertutup, kondisi penerangan di tempat parkir yang masih kurang, terdapat beberapa ruangan yang suhunya tidak memenuhi syarat dan pencahayaan kurang dan area merokok yang masih berada di titik keramaian. Adapun saran dari penulis yaitu perencanaan pembuatan TPS baru lebih dimatangkan lagi agar sesuai persyaratan, penambahan lampu pada tempat parkir, penambahan kipas angin atau ventilasi pada ruang kantor yang belum ada pendingin ruangan.

Daftar bacaan : 20 (1993-2018)
Kata kunci      : Sanitasi, Stasiun Kereta Api
Klasifikasi      :
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar