Senin, 30 September 2019

STUDI PENGELOLAAN SAMPAH DI RW 04 KELURAHAN ARCAWINANGUN KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2019

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, April 2019
ABSTRAK
Pramuzela Inggit Pratiwi (pramuzelainggit@gmail.com)
STUDI PENGELOLAAN SAMPAH DI RW 04 KELURAHAN ARCAWINANGUN KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2019
XIII + 84 halaman: gambar, tabel, lampiran

Pengelolaan sampah merupakan masalah besar bagi masyarakat dan pemerintah, karena dapat berdampak terhadap kehidupan manusia dan lingkungan. Sampah sebagai media penularan penyakit apabila sampah dalam pengelolaannya tidak dikelola dengan baik dan benar, yang dapat berakibat mengganggu kesehatan manusia. Pengelolaan sampah di perkotaan harus dikelola mulai dari sumber sampah, pewadahan sampah, pengumpulan sampah dan pengangkutan sampah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengelolaan sampah di RW 04 Kelurahan Arcawinangun Kecamatan Purwokerto Timur tahun 2019.
Metode penelitian deskriptif, yaitu mendiskripsikan tentang pengelolaan sampah di RW 04 Kelurahan Arcawinangun Kecamatan Purwokerto Timur, mulai dari tahap penimbulan sampai pengangkutan sampah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sampah di RW 04 Kelurahan Arcawinangun Kecamatan Purwokerto Timur pada tahap penimbulan sampah berasal dari aktivitas warga di RW 04 Kelurahan Arcawinangun dengan rata-rata penimbulannya yaitu 0,78 liter/ orang, jenis sampah yang ditimbulkan yaitu: sisa sayuran, sisa buah-buahan, sisa makanan, botol plastik, kain, karung, kardus, setrofoam, kayu, plastik, popok bayi, pembalut wanita, lampu dan kabel, pada tahap pewadahan ini dilakukan oleh masing-masing warga menggunakan tong sampah/ bak sampah, pengumpulan sampah yang ada di RW 04 Kelurahan Arcawinangun dilakukan oleh petugas sampah dengan cara dikumpulkan dalam kontainer kendaraan roda 3, sedangkan untuk pengangkutan sampah diangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyumas untuk dibuang ke TPA Hanggar Kedungrandu. Berdasarkan hasil ceklis penilaian, RW 04 Kelurahan Arcawinangun Kecamatan Purwokerto Timur termasuk dalam kategori tidak baik yaitu 38%.
Kesimpulan sistem pengelolaan sampah di RW 04 Kelurahan Arcawinangun Kecamatan Purwokerto Timur masuk dalam kategori tidak baik, mulai dari penimbulan sampai sampai dengan pengangkutan sampah. Saran bagi warga RW 04 Kelurahan Arcawinangun yaitu dapat memisahkan antara sampah organik dan sampah anorganik sebelum diangkut/ sampah organik dan sampah anorganik diletakkan di wadah yang berbeda, menjaga fasilitas yang sudah disediakan oleh petugas sampah.

Daftar bacaan  : 15 (1981-2018)
Kata kunci       : Pengelolaan sampah, Purwokerto
Klasifikasi       : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar