Minggu, 29 September 2019

STUDI OPERASIONAL PENANGANAN SAMPAH DI TPA KALIPANCUR KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2019

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi DII Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir Mei, 2019
Abstrak
Yeni Nindasari (yeninindas@gmail.com)
STUDI OPERASIONAL PENANGANAN SAMPAH DI TPA KALIPANCUR KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2019
Xiii+75 Halaman : gambar, tabel, lampiran

Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) merupakan tempat untuk memproses dan mengembali-kan sampah ke media lingkungan. TPA Kalipancur merupakan TPA baru yang diresmikan akibat keadaan darurat sampah di Kabupaten Purbalingga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang teknik operasional penanganan sampah di TPA Kalipancur.
Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan menggambarkan tentang teknik operasional penanganan sampah di TPA Kalipancur. Penelitian dilakukan dengan observasi dan wawancara langsung tentang teknik operasional penanganan sampah di TPA Kalipancur.
Hasil penelitian sampah yang masuk TPA Kalipancur rata-rata 187 m3 per hari. Metode penanganan sampah yang digunakan di TPA Kalipancur yaitu control landfill. Berdasarkan metode tersebut, dalam penanganan maupun kelengkapan fasilitas belum memenuhi persyaratan sesuai dengan metode yang digunakan. Hal ini dikarenakan keadaan darurat sampah di Kabupaten Purbalingga akibat penutupan TPA sebelumnya. Sehingga, TPA Kalipancur harus segera dioperasikan untuk menangani masalah tersebut.
Berdasarkan hasil observasi, operasional penanganan sampah di TPA Kalipancur mulai dari pencatatan sampah masuk sampai penutupan dengan tanah sudah dilakukan, tetapi belum memenuhi persyaratan sesuai metode yang digunakan terutama dari aspek kesehatan lingkungan. Diperlukan perencanaan yang matang serta perbaikan supaya dalam operasional penanganan sampah di TPA Kalipancur tidak membahayakan lingkungan maupun masyarakat.

Daftar bacaan : 19 bacaan (1987-2019)
Kata Kunci     : Teknik operasional, sampah, TPA
Klasifikasi      : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar