Senin, 30 September 2019

STUDI ANGKA KUMAN PADA LINEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. M. ASHARI PEMALANG TAHUN 2019

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, Mei 2019
Abstrak
Dessi Rahayu Setyaningsih (dessirahayusetyaningsih@gmail.com)
STUDI ANGKA KUMAN PADA LINEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. M. ASHARI PEMALANG TAHUN 2019
XIX + 115 halaman: gambar, tabel, lampiran

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2019 tentang Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit salah satunya pengawasan linen (laundry). Angka kuman pada linen yang tidak sesuai standar dapat menyebabkan infeksi nosokomial. Tujuan penelitian adalah mengukur jumlah angka kuman pada linen di Rumah Sakit Umum Daerah dr. M. Ashari Pemalang.
Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif. Subyek dari penelitian ini adalah angka kuman pada linen di Rumah Sakit Umum Daerah dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang dengan objek yang akan diperiksa yaitu angka kuman, suhu, pencahayaan, kelembaban dan ventilasi. Cara pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, pengambilan sampel, dan pemeriksaan laboratorium menggunakan checklist, kuisioner, termometer, higrometer, lux meter dan meteran.
Hasil pemeriksaan angka kuman linen di Rumah Sakit Umum Daerah dr. M. Ashari Pemalang dari 12 sampel terdapat tiga jenis linen yang tidak memenuhi syarat yaitu duk besar 33 CFU/ 100 cm2, jasmet 20 CFU/ 100 cm2 danperlak29 CFU/ 100 cm2, sedangkan baju petugas operasi, sprei, kerudung, sarung bantal, baju operasi pasien, celana operasi petugas, selimut, duk kecil, dan handuk memenuhi syarat.
Kesimpulan bahwa terdapat ruang pengelolaan linen di Rumah Sakit Umum Daerah dr. M. Ashari Pemalang yang tidak memenuhi syarat seperti lantai, dinding, ventilasi, langit-langit, pintu, suhu, dan kelembaban serta proses yang tidak memenuhi syarat yaitu pada proses pengumpulan linen kotor, pencucian linen, dan pengangkutan linen bersih sehingga Peneliti menyarankan kepada pihak pengelola linen untuk lebih memperhatikan proses pengelolaan linen dan memperbaiki komponen ruang pengelolaan linen yang tidak memenuhi syarat.

Daftar bacaan : 21 (1988-2019)
Kata Kunci     : angka kuman, linen, rumah sakit
Klasifikasi      : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar