Senin, 30 September 2019

SANITASI PASAR PURWAREJA KLAMPOK KECAMATAN PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2019

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Tugas Akhir, Mei 2018
Abstrak
Rafiq Panji Nugroho (panjirafiq@gmail.com)
SANITASI PASAR PURWAREJA KLAMPOK KECAMATAN PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2019
XVI+76 halaman : gambar, tabel, lampiran

Pasar tradisional adalah pasar yang sebagian besar dagangannya adalah kebutuhan dasar sehari-hari dengan praktik perdagangan yang masih sederhana serta fasilitas infrastrukturnya juga masih sangat sederhana dan belum mengindahkan kaidah kesehatan. Sedangkan pengertian pasar sehat, merupakan tempat dimana semua pihak-pihak terkait bekerjasama untuk menyediakan pangan yang aman, bergizi dan lingkungan yang memenuhi persyaratan kesehatan. Tujuan Penelitian untuk mengetahui kondisi sanitasi Pasar Purwareja Klampok Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara Tahun 2019. Jenis penelitian deskriptif dengan cara observasi dan wawancara.
Hasil penelitian kondisi sanitasi Pasar Purwareja Klampok kurang dengan score 58.19%, lokasi pasar di kategorikan baik dengan presentase 100% , bangunan pasar di kategorikan kurang dengan presentase 62.50%, pengelola pasar di kategorikan Kurang dengan presentase 57.14%, penyediaan air bersih pasar di kategorikan baik dengan presentase 83.33%, pengelolaan sampah pasar di kategorikan kurang dengan presentase 29.41%, pengolahan air limbah pasar di kategorikan kurang dengan presentase 37.50 %, jamban dan kamar mandi pasar di kategorikan cukup dengan presentase 75.25%, pengendalian vektor dan binatang pengganggu pasar di kategorikan kurang dengan presentase 44.44%, fasilitas penunjang di pasar di kategorikan cukup dengan presentase 71.42%.
Kesimpulan sanitasi Pasar Purwareja Klampok dikategorikan kurang (berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor: 519/Menkes/SK/VI/2008). Untuk memperbaiki kriteria yang kurang sebaiknya Pasar Purwareja Klampok membuat pengajuan atau membangun Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS), menambah jumlah toilet yang ada dengan kondisi terpisah antara laki-laki dan perempuan, sumber air bersih di buat jarak minimal 10 meter dari septictank, membuat instalasi pengolahan limbah untuk mengolah limbah dari kios-kios sebelum dibuang ke saluran pembuangan umum.

Daftar bacaan : 17 (1990-2018) 
Kata kunci      : Sanitasi, Pasar, Kesehatan Lingkungan 
Klasifikasi      :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar