Minggu, 29 September 2019

STUDI KUALITAS MIKROBIOLOGIS (Escherichia Coli) MINUMAN BADEG YANG DIJUAL DI WILAYAH KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2019

Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, Mei 2019
Abstrak
Ema Sri Tamara Agustina (emasritamara28gmail.com)
STUDI KUALITAS MIKROBIOLOGIS (Escherichia Coli) MINUMAN BADEG YANG DIJUAL DI WILAYAH KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2019
xvi + 65 halaman : tabel, gambar, lampiran

Makanan dan minuman yang kita konsumsi harus memenuhi gizi dan tidak mengandung mikroorganisme serta bahan-bahan yang dapat menyebabkan penyakit. Sejalan dengan pesatnya kemajuan di bidang teknologi pangan, masyarakat juga tidak melupakan minuman tradisional yang dari dulu sudah ada. Salah satunya adalah minuman badeg yang saat ini tidak banyak dijumpai di daerah Purwokerto. Minuman badeg merupakan minuman tradisional khas Pulau Jawa yang berasal dari sadapan pohon aren (bunga jantan). Minuman badeg yang dijual di pinggir jalan memungkinkan terjadinya kontaminasi dengan mikroorganisme yang dapat merubah kualitas minuman tersebut.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas mikrobiologi (Escherichia Coli) minuman badeg yang dijual di wilayah Kecamatan Purwokerto Timur Purwokerto Kabupaten Banyumas.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Pengumpulan data dengan data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara kepada penjual minuman badeg yang dijual di wilayah Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas yang dilakukan di Laboratorium Kesehatan Masyarakat Kabupaten Banyumas, serta data sekunder diperoleh dari Kantor Kecamatan Purwokerto Timur.
Hasil penelitian menunjukan hasil penilaian penjamah minuman ST memenuhi syarat karena diperoleh hasil 83,3% sedangkan IW tidak memenuhi syarat karena diperoleh hasil 66,6%. Penilaian penyimpanan minuman ST dan IW tidak memenuhi syarat karena diperoleh hasil <76 16="" 80="" 8="" badeg="" coli="" dan="" dari="" diperoleh="" escherichia="" hasil="" iw="" karena="" kondisi="" memenuhi="" minuman="" ml.="" ml="" mpn="" p="" pada="" pemeriksaan="" penilaian="" penjualan="" penyajian="" sebanyak="" sedangkan="" st="" syarat="" tempat="" tidak="">
Kesimpulan penelitian adalah kualitas mikrobiologis (Escherichia coli) minuman badeg pada semua penjual yang dijual di wilayah Kecamatan Purwokerto Timur memenuhi syarat dengan jumlah kandungan Escherichia coli yang tidak melebihi batas maksimum menurut PERMENKES RI NO 1096 MENKES/PER/VI/2011 Tentang Higiene Sanitasi Jasa Boga.
Disarankan kepada penjamah minuman agar meningkatkan personal higiene dan kebersihan lingkungan penjualan agar tidak terjadi kontaminasi pada minuman badeg. Serta disarankan juga kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas agar dilakukan pengawasan sampai kepada penjual makanan dan minuman yang dijual di sekitar pinggir jalan dan mengadakan pelatihan tentang hyiene sanitasi.

Daftar bacaan  : 27 (1989 – 2018)
Kata kunci       : Kualitas Mikrobiologis, Escherichia coli, Minuman Badeg
Klasifikasi       :
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar