Senin, 30 September 2019

SANITASI HOTEL TIARA and RESORT di KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2019

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Tugas Akhir, Mei 2019
Abstrak
Annisa Mutia Widayanti (annisamutia0630@gmail.com)
SANITASI HOTEL TIARA and RESORT di KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2019 
XVIII + 88 halaman : Tabel, Gambar, Lampiran

Hotel merupakan jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan, yang dikelola secara komersial yang meliputi hotel berbintang dan hotel melati.Hotel juga menyediakan jasa penginapan bagi wisatawan domestic maupun mancanegara yang perlu dikelola secara komersial. Hotel harus diawasi kondisi sanitasinya dan bila tidak memenuhi syarat kesehatan memiliki resiko kesehatan bagi tamu dan karyawan.Tujuan penelitian mengetahui kondisi sanitasi hotel dan sanitasi fasilitas pendukung.
Jenis penelitian deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan keadaan sanitasi Hotel Tiara and Resort. Cara pengumpulan data yaitu dengan cara observasi langsung pada obyek yang akan diteliti, wawancara terhadap pihak pengelola hotel, dan pengukuran meliputi pengukuran pencahayaan, suhu dan kelembaban.
Hasil penelitian kondisi sanitasi bagian dalam, sanitasi bagian luar, fasilitas dasar fasilitas pendukung, pencahayaan, suhu dan kelembaban secra umum sudah memenuhi syarat. Komponen yang tidak memenuhi syarat meliputi : Ruang istirahat karyawan, Gudang, Urinoir, Penyajian makanan, Kotak P3K, dan Jalur evakuasi.
Kesimpulan bahwa Hotel Tiara and Resort sudah memenuhi persyaratan dengan total scor 84,61% dan scor prosentase komponen yang tidak memenuhi syarat sebesar 15,38%. Menurut Cheklist Keputusan Dirjen PPM & PLP diperoleh dengan kriteria penilaian hotel melati 3 yaitu memenuhi syarat apabila prosentasenya 75% sedangkan Hotel Tiara and Resort memperoleh prosentase 84,61% masuk dalam kategori baik (B). Disarankan untuk pengelola hotel agar meningkatkan mutu serta memperbaiki komponen yang belum memenuhi syarat agar lebih baik dan menarik pengunjung lebih banyak lagi.

Daftar Bacaan : 15 (1980-2018)
Kata Kunci     : Sanitasi hotel
Klasifikasi      : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar