Minggu, 29 September 2019

DEBU TOTAL UDARA PENGGILINGAN PADI DI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2019

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, Mei 2019
Abstrak
Ayu Nur Utami Ningsih (Ayunurutaminingsih17@gmail.com)
DEBU TOTAL UDARA PENGGILINGAN PADI DI KECAMATAN KARANGMONCOL
KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2019
XVII+ 66 halaman : gambar, tabel, lampiran

Untuk sehat dibutuhkan udara yang bebas bahan pencemar. Proses penggilingan padi banyak menghasilkan debu dari padi maupun kotoran yang terbawa pada proses sebelumnya. Faktor lingkungan kerja merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit akibat kerja. Potensi bahaya dapat ditimbulkan dari aktivitas kegiatan di tempat kerja setiap saat dapat membahayakan pekerja. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan kadar debu pada pekerja dari penggilingan padi di Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga.
Bahan penelitian ini adalah penyehatan udara dengan pokok bahasan paparan debu di ruang kerja panggilingan padi kecamatan Karangmoncol kabupaten Purbalingga. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan cross sectional. Sampel yang diambil 6 industri penggilingan padi yang berada di kecamatan Karangmoncol dan pekerja yang paling lama bekerja.
Hasil pengukuran debu total 43,84 mg/m3 , 12,96 mg/m3 , 17,18 mg/m3 , 44,48 mg/m3 , 23,68 mg/m3 , 14,27 mg/m3 dan diperoleh rata- rata 26,06 mg/m3. Hasil pengukuran kelembapan di penggilingan padi di kecamatan Karangmoncol diatas NAB (nilai ambang batas) 78%, 76%, 74%, 76%, 75%, 79%.
Kesimpulan penelitian ini adalah hasil kelembapan penggilingan padi masih diatas nilai ambang batas sehingga penggilingan padi di kecamatan Karangmoncol menjadi panas. Saran kepada industri, sebaiknya menggunakan exhauster di industri untuk menstabilkan kelembaban dan menyediakan APD (masker) untuk pekerja.

Daftar bacaan :
Kata kunci     : penggilingan padi dan debu total
Klasifikasi     : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar