Rabu, 25 Oktober 2017

PEMANFAATAN AIR REJECT REVERSE OSMOSIS DI UNIT HEMODIALISA RSUD BANYUMAS TAHUN 2017


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi DIII Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah,Juli 2017
Abstrak
Niken Wita Pratiwi (nikenwita120@gmail.com)
PEMANFAATAN AIR REJECT REVERSE OSMOSIS DI UNIT HEMODIALISA RSUD BANYUMAS TAHUN 2017
XVIII + 100 halaman : gambar, tabel, halaman

Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas memiliki layanan untuk hemodialisis (cuci darah). Proses hemodialisis ini membutuhkan air khusus. Air yang digunakan terlebih dahulu diolah dengan Reverse Osmosis.Proses tersebut menghasilkan air produk 36,6% dan air reject 63,4 %. Selama ini air reject tidak dimanfaatkan. Kualitas dan kuantitas dari air reject pun belum diketahui. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan air reject RO pada Unit Hemodialisa RSUD Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan verifikasi/pengujian. Yaitu menggambarkan atau mendiskripsikan kondisi kualitas dan kuantitas air reject beserta alternatif pemanfaatannya.
Hasil penelitian debit air reject dalam sehari 21.000 liter, debit air air produk 12.100 liter, debit air baku 33.100 liter. Kualitas fisik,kimia dan bakteriologis air baku yaitu suhu air 27,7 oC, suhu udara 30,5oC, tidak berbau, tidak berasa, warna 1,4 TCU, kekeruhan 0,89 NTU, TDS 159 mg/l, kesadahan Ca++ 8,75 , Mg++ 21,6, sisa chlor 0,2 mg/l, pH 8,2 , Daya Hantar Listrik 265 μ/cm, E coli dan Coliform 0 per 100 ml sampel. Kualitas fisik,kimia dan bakteriologis air reject yaitu suhu air 27,7 oC suhu udara 29oC, tidak berbau, tidak berasa, warna 1,3 TCU,kekeruhan 0,16 NTU,TDS 289 mg/l, kesadahan Ca++ 16, Mg++ 40,8 , sisa chlor 0,1 mg/l , pH 8 , Daya Hantar Listrik 482 μ/cm , E.coli dan Coliform 240 per 100 ml sampel. Air rejectmesin reverse osmosis di RSUD Banyumas dapat dimanfaatkan tanpa atau dengan perlakuan. Air reject dapat dimanfaatkan sebagai air bersih dengan melakukan desinfeksi, dapat dimanfaatkan untuk irigasi pertanaman, peternakan, pembudidayaan ikan air tawar, dapat dimanfaatkan dalam farmasi dengan melakukan teknik destilasi, dapat  dimanfaatkan sebagai bahan baku proses sterilisasi alat kesehatan dengan melakukan desinfeksi. Disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan peneltian tentang hubungan antara antara kualitas air reject dengan kinerja membran reverse osmosis.

Daftar Bacaan             :  23 , (  1983 - 2010 )
Kata Kunci                 :  cuci darah; reverse osmosis; air reject; kuantitas; kualitas; pemanfaatan ; 
                                      kesehatan   lingkungan

1 komentar:

  1. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,

    (Tommy.k)

    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com

    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri

    BalasHapus