Selasa, 24 Oktober 2017

KOMPARASI EFEKTIVITAS HAND SANITIZER ALAMI “AC” DAN MERK E TERHADAP PENURUNAN ANGKA KUMAN PADA TANGAN PEKERJA DI LABKESMAS KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2017


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang Jurusan Kesehatan 
Lingkungan Purwokerto Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2017
Abstrak
Agustin Cicaningsih
KOMPARASI EFEKTIVITAS HAND SANITIZER ALAMI “AC” DAN MERK E TERHADAP PENURUNAN ANGKA KUMAN PADA TANGAN PEKERJA DI LABKESMAS KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2017
XVI + 68 halaman, gambar, tabel, lampiran

Hand sanitizer yaitu cairan atau gel antiseptik yang digunakan untuk mencuci tangan tanpa air untuk membilasnya. Hand sanitizer yang saat ini digemari adalah hand sanitizer merk E yang berbasis alkohol. Peneliti membuat hand sanitizer baru yang berbasis alami, tetapi efektivitasnya belum diketahui.
Penelitian ini merupakan penelitian pre experiment dengan pendekatan pre test and post test design. Populasi atau sampel dalam penelitian ini berjumlah 3 orang di ruang penerimaan sampel. Hal yang diamati yaitu selisih angka kuman sebelum dan sesudah memakai hand sanitizer alami “AC” dan merk E menggunakan metode ALT. Data kemudian dianalisis menggunakan uji t berpasangan dan dilanjut menggunakan uji t tidak berpasangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka kuman tangan sebelum memakai hand sanitizer alami “AC” yaitu 49,00 CFU/Cm2 dan sesudah memakai yaitu 17,00 CFU/Cm2, secara statistik terdapat perbedaan yang signifikan (p = 0,023 atau p < 0,05). Angka kuman tangan sebelum memakai hand sanitizer merk E yaitu 37,00 CFU/Cm2 , dan sesudah memakai yaitu 21,00 CFU/Cm2, secara statistik tidak terdapat perbedaan yang signifikan (p = 0,133 atau p > 0,05). Efektivitas hand sanitizer alami “AC” dalam menurunkan angka kuman pada tangan sebesar 69,60%, efektivitas hand sanitizer merk E sebesar 53,19%, secara statistik tidak ada perbedaan efektivitas dari kedua hand sanitizer tersebut dalam menurunkan angka kuman pada tangan (p = 0,454 atau p > 0,05). Kesimpulan penelitian ini yaitu tidak ada perbedaan yang bermakna antara efektivitas hand sanitizer alami “AC” dengan merk E dalam menurunkan angka kuman di tangan, sehingga hand sanitizer alami “AC” bisa dijadikan alternatif untuk mencuci tangan yang lebih efektif dan efisien.

Daftar bacaan : 38 (1997 – 2017)
Kata kunci      : Angka Kuman, Hand Sanitizer Alami, Kesehatan Lingkungan
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar