Rabu, 16 April 2014

TINJAUAN SANITASI HOTEL

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan 
Progam Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010 

Abstrak
Yusuf Kurniawan (Yusufkurniawan84@yahoo.co.id)
TINJAUAN SANITASI HOTEL CANDISARI KARANGANYAR KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2010
xii+66 halaman : table, gambar, lampiran 

Hotel merupakan sarana umum yang dikelola secara komersil dan memiliki risiko kesehatan yang tinggi apabila tidak memenuhi persyaratan kesehatan hotel. Hotel candisari terletak di Jalan Raya Timur Km 2 Karanganyar – Kebumen yang berjarak dari pusat kota Kabupaten Kebumen berjarak 10 km atau sekitar 10 menit dari kota Kabupaten Kebumen. Pengawasan sanitasi hotel yang meliputi bagian dalam dan luar hotel disesuaikan dengan persyaratan kesehatan hotel untuk mencegah penularan penyakit dan gangguan lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi sanitasi Hotel Candisari Karanganyar yang meliputi kondisi lingkungan, bangunan, kamar dan fasilitas sanitasi hotel.   
Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu menggambarkan keadaan sanitasi Hotel Candisari Karanganyar. Cara pengumpulan data yaitu wawancara dengan pengelola dan karyawan hotel, observasi langsung pada obyek yang diteliti serta dilakukan pengukuran, meliputi pengukuran pencahayaan, suhu, kelembapan, dan MPN coloform.
Hasil yang diperoleh secara umum pada sanitasi hotel belum memenuhi syarat Permenkes RI No. 80/Menkes/Per/1990 yang meliputi persyaratan kesehatan lingkungan dan bangunan, ruang hotel, fasilitas sanitasi, dan karyawan. Menurut penilaian peneliti, nilai yang diperoleh Hotel candisari Karanganyar sebesar 682,5 menurut IS (inspeksi sanitasi) dari DKK (Dinas Kesehatan Kabupaten), nilai 682,5 tergolong dalam kategori belum memenuhi syarat kesehatan.
Kesimpulan kondisi sanitasi hotel yang belum memenuhi syarat antara lain pembuangan air kotor dari laundry dan dapur langsung ke badan air dan tanah yang kosong yang letaknya berada disamping hotel, tempat pembungan sampah di dapur tidak berpenutup dan perlu diberi tutup, dapur agar diberi cerobong asap, ruang istirahat karyawan perlu disediakan, kesehatan karyawan perlu dilakukan pem dan mengikutkan pemeriksaan secara berkala minimal sekali dalam setahun dan mengikutkan penjamah makanan dalam kursus penyehatan makanan dan minuman.

Daftar bacaan : 15 buah (1980-2010)
Kata Kunci     : Sanitasi
Klasifikasi      : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar