Rabu, 16 April 2014

STUDI KADAR SISA KLOR PADA JARINGAN DISTRIBUSI PDAM KABUPATEN BANYUMAS CABANG PURWOKERTO

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2010

Abstrak
WAHID HASYIM (Wahid_hasym@yahoo.com)
STUDI KADAR SISA KLOR PADA JARINGAN DISTRIBUSI PDAM KABUPATEN BANYUMAS CABANG PURWOKERTO PELAYANAN WILAYAH BATURADEN TAHUN 2010
XVI + 80 halaman: gambar, tabel, lampiran

Proses pengolahan air untuk mendapatkan air yang memenuhi syarat kesehatan diperlukan beberapa tahap pengolahan. Salah satu tahap akhir pegolahan air adalah desinfeksi. Desinfeksi adalah salah satu cara membunuh bakteri dalam air. Penelitian tentang kadar sisa klor pada jaringan distribusi PDAM Kabupaten Banyumas Cabang Purwokerto pelayanan wilayah Baturaden belum pernah dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa sisa klor pada Jaringan Distribusi PDAM Kabupaten Banyumas Cabang Purwokerto Pelayanan Wilayah Baturaden.
Metode penelitian dengan cara pengukuran langsung dan observasi dilapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.
Hasil penelitian dilakukan pemeriksaan terhadap kadar sisa klor pada Jaringan Distribusi PDAM Kabupaten Banyumas Cabang Purwokerto Pelayanan Wilayah Baturaden diperoleh rata-rata kadar klorin pada air kran pelanggan terdekat dari bak klorinasi sebesar 3,16 mg/ltr dan pada air kran pelanggan terjauh dari bak klorinasi sebesar 3,16 mg/ltr.
Kesimpulan dari hasil penelitian adalah kadar klorin pada air kran pelanggan terdekat dan terjauh dari bak klorinasi sesuai dengan standar baku mutu pengawasan kualitas air minum. Pihak PDAM disarankan untuk mempertahankan klorinasi dengan dosis tepat sesuai yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Daftar bacaan  : 18 (1985-2010)
Kata kunci       : Kadar Sisa Klor
Klasifikasi       : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar