Rabu, 16 April 2014

STUDI KANDUNGAN BORAKS PADA BAKSO YANG DIJUAL DI WARUNG BAKSO

Kementerian Kesehatan Rebublik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan  
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010


Abstrak
Tursina Habdidin (didin_eo@yahoo.com)
STUDI KANDUNGAN BORAKS PADA BAKSO YANG DIJUAL DI WARUNG BAKSO DAERAH BLABAK KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2010
xii + 41 halaman : gambar, tabel, lampiran 

Bakso adalah salah satu makanan jajanan yang sering diminati oleh masyarakat. Pada saat pembuatan bakso dapat ditambahkan semacam bahan tambahan makanan seperti boraks. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di daerah Blabak Kabupaten Magelang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bakso yang mengandung boraks, produksi bakso, kondisi sanitasi warung, perilaku penjual bakso dan tingkat pengetahuan penjual bakso mengenai boraks dan bahayanya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan pemeriksaan secara laboratorium di Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, jumlah warung bakso yang akan diperiksa adalah tujuh, pengambilan dilakukan tiga kali, setiap pengambilan tujuh sampel disetiap warung.
Hasil pemeriksaan boraks pada tujuh warung bakso adalah 100% negatif. Produksi bakso dari keseluruhan penjual memproduksi sendiri. Kondisi sanitasi warung diperoleh hasil rata-rata 85,71% yang berarti dalam katagori baik. Perilaku penjual bakso diperoleh hasil rata-rata sebesar 100% yang berarti dalam katagori baik. Tingkat pengetahuan para penjual bakso mengenai boraks dan bahayannya diperoleh hasil rata-rata 70% yang berarti cukup baik.
Kesimpulan bahwa bakso yang dijual di warung bakso daerah Blabak aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung boraks. Saran kepada masyarakat dan pemroduksi bakso hendaknya tidak menggunakan boraks sebagai bahan pengawet makanan, jika ingin menggunakan pengawet hendaknya  memakai yang diijinkan oleh pemerintah seperti garam dapur dan natrium polifosfat, dan hendaknya lebih teliti dan berhati-hati dalam membeli produk makanan.  

Daftar bacaan               : 17 (1988  2009)
Kata kunci                    : Boraks, Bakso.
Klasifikasi                     : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar