Rabu, 16 April 2014

STUDI SANITASI PENGELOLAAN LINEN DI RUMAH SAKIT


                                                                                           Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
                                                                                             Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
                                                                                            Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
                                                                                Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
                                                                                                                  Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010

Abstrak
Wahyuning Herdiyanti (Ayu Herdiyanti@yahoo.co.id)
STUDI SANITASI PENGELOLAAN LINEN DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK Bunda arif PURWOKERTO TAHUN 2010 
XII + 57 halaman : gambar, tabel, lampiran 


Linen kotor merupakan salah satu sumber kontaminasi yang ada di rumah sakit. Jika penanganan linen dilakukan secara tidak baik, maka dapat menyebabkan penyebaran penyakit infeksi nosokomial dari ruangan satu ke ruangan yang lain, dari orang sakit ke orang yang sehat ataupun dari pasien ke petugas rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat sanitasi pengelolaan linen, sanitasi ruangan pengelolaan linen, proses pengelolaan linen dan tenaga pengelolaan linen di Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda arif Purwokerto Tahun 2010.
Metode penelitian deskriptif yaitu dengan membandingkan hasil penelitian dengan teori dan peraturan yang berlaku menggunakan instrumen melalui wawancara, observasi dan pengukuran didalam mengambil data dari responden yang nantinya diperoleh nilai tingkat sanitasi pengelolaan linen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sanitasi ruangan pengelolaan linen dengan nilai 86,67% termasuk kategori baik, proses pengelolaan linen dengan nilai 66,67% termasuk kategori cukup baik dan tenaga pengelola linen dengan nilai 30% termasuk kategori kurang baik. Secara keseluruhan dapat disimpulkan tingkat sanitasi pengelolaan linen di Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda arif Purwokerto diperoleh hasil dengan nilai 75% termasuk dalam kategori cukup baik. 
Kesimpulan penelitian adalah kondisi sanitasi pengelolaan linen di Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda arif Purwokerto termasuk dalam kategori cukup baik. Disarankan, upaya yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan sanitasi pengelolaan linen dan upaya pencegahan kontaminasi dan penanggulangan dilakukan mulai pengumpulan linen sampai pendistribusian dan tenaga atau pengelola linen yang benar menurut syarat kesehatan.
 
Daftar bacaan : 9 (1997 - 2009)      
Kata kunci      : Sanitasi Pengelolaan Linen 
Klasifikasi      :
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar