Rabu, 16 April 2014

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi DIII Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010   


Abstrak
Wahyu Indra P (ndrabathonk@yahoo.co.id)
STUDI KADAR NITRAT PADA SUMUR GALI DI DESA BOBOTSARI KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2010  
Xiv + 40 : tabel+ gambar + lampiran 

Air bersih harus memenuhi syarat kesehatan, baik secara fisika, mikrobiologi maupun secara kimiawi (nitrat). Salah satu usaha untuk pengawasan air bersih secara kimiawi dapat dilakukan dengan pemeriksaan terhadap jumlah kadar nitrat pada sumur gali, karena adanya kadar nitrat yang berlebihan akan menimbulkan gangguan kesehatan seperti metahaemoglobinemia dan blue baby. Hal ini sehubungan dengan air yang merupakan media pembawa dan penyebab penyakit. Masyarakat desa Bobotsari Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga menggunakan air sumur gali dan air perpipaan untuk keperluan sehari-hari.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah rata-rata kadar nitrat pada air sumur gali di desa Bobotsari Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga tahun 2010.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi pada sumur gali serta pemeriksaan laboratorium Kesehatan Kabupaten Purbalingga. Hasil penelitian Kadar nitrat pada air sumur gali di Desa Bobotsari Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga tahun 2010 yaitu antara 3,2 mg/lt – 9,9 mg/lt. Jumlah kadar nitrat ini masih dibawah Nilai Ambang Batas air bersih ntuk sumur gali menurut Permenkes RI No.416/Menkes/Per/IX/1990 Tentang Persyaratan Air Bersih, yaitu tak lebih dari 10 mg/lt.
Jumlah kadar nitrat air sumur gali di desa Bobotsari Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga tahun 2010, walaupun masih di bawah Nilai Ambang Batas sesuai peraturan yang berlaku. Disarankan bagi masyarakat  untuk melakukan perbaikan konstruksi sumur gali, dan melakukan khlorinasi. 
   
Daftar bacaan   :  12 ( tahun 1958-2004)
Kata kunci        :   Kadar nitrat dan air sumur gali
Klasifikasi        :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar