Rabu, 16 April 2014

STUDI HACCP AYAM SEMUR KECAP DI INSTALASI GIZI RSUD

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010

Abstrak
Eko Prabowo Email: peter_sanitarian@yahoo.co.id
STUDI HACCP AYAM SEMUR KECAP DI INSTALASI GIZI RSUD AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2010 
xiv + 170halaman: gambar, tabel, lampiran

Setiap produk makanan perlu adanya jaminan mutu dan keamanan pangan seperti yang telah distandarkan menurut Internasional Standar Organization (ISO) 9001:2000 dan 22000:2005. Bahwa produk makanan harus benar-benar menjamin keamanan konsumen, begitu juga untuk makanan yang disajikan untuk pasien rumah sakit yang juga harus terjamin tingkat keamanannya agar pasien sehat.
HACCP ( Hazard Analisis Critical Control Point) Tujuan penelitian adalah suatu pendekatan untuk mengenal dan mengukur bahaya yang spesifik sebagai upaya pencegahan dalam pengawasan pengelolaan makanan untuk menjamin keamanan pangan. Proses pengolahan ayam semur kecap menjadi sangat penting diperhatikan untuk mendapatkan ayam semur kecap yang aman dan bermutu tinggi.
Metode penelitian deskriptif dengan maksud untuk menggambarkan penerapan HACCP Ayam Semur Kecap di Instalasi Gizi RSUD Ajibarang Kabupaten Banyumas.
Hasil penelitian Ayam Semur Kecap di Instalasi Gizi RSUD Ajibarang terhadap penjamah makanan belum memenuhi persyaratan penjamah makanan, alat belum memenuhi syarat peralatan tetapi tempat, bahan baku dan metode sudah memenuhi persyaratan. Analisis bahaya yang mungkin terjadi di Ayam semur Kecap dari fisik kontaminasi penjamah makanan seperti kuku, rambut dan kontaminasi dari luar seperti debu, kotoran, dan serangga. Kontaminasi kimia dari logam berat dan formalin sedangkan untuk kontaminasi biologi adanya pertumbuhan mikroba. Pemantauan dan pemeriksaan makanan ayam semur kecap sebatas pengamatan fisik, belum untuk pemeriksaan makanan secara biologi dan kimia.
Kesimpulan keadaan penjamah dan alat tidak memenuhi syarat sedangkan bahan baku, tempat dan metode sudah memenuhi syarat. Saran perlu dilakukan pemeriksaan formalin dan biologi pada bahan baku, peralatan yang digunakan, serta pengadaan fasilitas sarung tangan, celemek, penutup kepala, tempat pencucian alat yang sesuai persyaratan dan pemeriksaan kesehatan penjamah.

Daftar bacaan : 12 (1986 - 2009)
Kata kunci      : Studi HACCP Ayam Semur Kecap, Instalasi Gizi RSUD   Ajibarang Tahun 2010.
Klasifikasi      :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar