Rabu, 16 April 2014

STUDI ASPEK KESEHATAN LINGKUNGAN PADA PENDERITA PENYAKIT DIARE

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan  
Program Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010 

Abstrak 
Umi Umayyah   
STUDI ASPEK KESEHATAN LINGKUNGAN PADA PENDERITA PENYAKIT DIARE DI DESA BALAPULANG WETAN KECAMATAN BALAPULANG KABUPATEN TEGAL TAHUN 2010 
XIV + 70 : tabel + halaman + lampiran 

Diare merupakan salah satu penyakit menular yang ditularkan oleh vektor pembawa bibit penyakit karena kondisi kesehatan lingkungan yang jelek/buruk. Penyakit diare termasuk penyakit yang ada di Wilayah Kerja Puskesmas Balapulang khususnya Desa Balapulang Wetan Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aspek kesehatan lingkungan apa saja yang mempengaruhi penyakit diare di Desa Balapulang Wetan Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal Tahun 2010, adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif, sedangkan dalam menganalisis hasil menggunakan analisis tabel.
Hasil penelitian dilakukan pada penderita diare di Desa Balapulang Wetan Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal Tahun 2010 dapat diketahui sarana air bersih tingkat resiko pencemaran sedang, buang air besar pada jamban kurang baik, SPALT (sarana pembuangan air limbah), pembuangan sampah, hygiene sanitasi makanan&minuman, serta personal hygiene yang masih kurang baik. 
Hal ini dikarenakan kurang mengertinya masyarakat tentang sanitasi  kesehatan lingkungan yang meliputi sanitasi penyediaan air bersih, pembuangan air limbah, pembuangan sampah, hygiene sanitasi makanan&minuman, serta personal hygiene, hal tersebut dapat menyebabkan angka kesakitan diare yang cukup tinggi di Desa Balapulang Wetan Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal. Diharapkan agar pihak Puskesmas dan Pemerintah Desa lebih giat dalam melaksanakan penyuluhan tentang kesehatan lingkungan dan melakukan pengawasan terhadap sarana-sarana kesehatan lingkungan dan resiko-resiko pencemaran serta masyarakat harus ikut berpartisipasi aktif untuk meningkatkan kesehatan lingkungan di Desa Balapulang Wetan.
 
Daftar bacaan : 23 (1984 -2009)
Kata kunci      : diare dan kesehatan lingkungan 
Klasifikasi      :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar