Rabu, 16 April 2014

STUDI PENGELOLAAN LINEN DI RUMAH SAKIT KHUSUS BEDAH

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010

Abstrak
Ufuk Nurwilastri (ufuknurwilastri@yahoo.co.id)
STUDI PENGELOLAAN LINEN DI RUMAH SAKIT KHUSUS BEDAH  JATIWINANGUN PURWOKERTO TAHUN 2010
xi + 78 halaman : lampiran  

Penanganan linen yang baik dapat mencegah terjadinya infeksi silang, infeksi nosokomial bagi pasien Rumah Sakit dengan mengelola dan mengendalikan  bahan-bahan linen, menjaga citra Rumas Sakit dengan menciptakan ketersediaan bahan linen sesuai dengan visi dan misi serta fisiologi Rumah Sakit, mengelola sumber daya Rumah Sakit untuk menyediakan linen bagi kebutuhan dan harapan customers Rumah Sakit. Linen yang kotor merupakan salah satu sumber penyakit yang ada di Rumah Sakit, penanganan linen kotor rumah sakit yang tidak benar akan dapat menyebabkan penyebaran penyakit dari ruangan yang satu ke ruangan yang lain, dari pasien ke pasien lain, atau pun dari pasien ke petugas rumah sakit. Maka penanganan linen harus sedemikian rupa, sehingga dapat dicegah timbulnya dampak negatif dari kegiatan laundry di rumah sakit. Tujuan umum penelitian ini adalah mengetahui tentang pengelolaan linen yang ada di Rumah Sakit Khusus Bedah Jatiwinangun Purwokerto 
Metode penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif yang bermaksud untuk memberikan gambaran tentang cara pengelolaan linen di Rumah Sakit Khusus Bedah Jatiwinangun Purwokerto.
Hasil studi yang dilakukan di Rumah Sakit Khusus Bedah Jatiwinangun Purwokerto menunjukan bahwa sistem pengelolaan linen yang dilakukan masih sangat sederhana mulai dari pengumpulan hingga pengangkutan linen, dan peralatan yang digunakan juga masih menggunakan peralatan yang sederhana seperti penggunaan mesin cuci rumah tangga yang tanpa dilengkapi dengan air panas untuk membantu proses desinfektan, serta tidak dilakukan system pengolahan limbah awal (pre-treatmen) pada sistem penanganan limbah cair.
Disimpulkan bahwa sistem pengelolaan linen yang ada di Rumah Sakit Khusus Bedah Jatiwinangun Purwokerto masih sederhana dilihat dari peralatan yang digunakan dalam laundry. Sarannya adalah perlu adanya pelatihan terhadap tenaga laundry dan pengadaan peralatan laundry yang sudah canggih agar proses pengelolaan linen steril dan aman.

Daftar bacaan : 9 (1989-2010 )
Kata kunci      : Pengelolaan linen
Klasifikasi      : 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar