Minggu, 07 Oktober 2018

TINJAUAN KONDISI SANITASI SUMUR GALI DAN KUALITAS AIR BERSIH DI DESA KALIBAGOR KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018

                                                                                               Kementerian kesehatan republik indonesia
                                                                                              Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
                                                                                             Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
                                                                                  Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
                                                                                                                   Karya Tulis Ilmiah, Mei 2018

Abstrak
Muhammad ridho ramadhan(ridhoramadhan529@gmail.com)
TINJAUAN KONDISI SANITASI SUMUR GALI DAN KUALITAS AIR BERSIH DI DESA KALIBAGOR KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018
XVII + 66 halaman : lampiran, tabel, gambar
Sumur gali adalah satu sarana penyediaan air bersih dengan cara menggali tanah sampai mendapatkan lapisan air dengan kedalaman tertentu yang terdiri dari bibir sumur, dinding sumur, lantai sumur, dan dilengkapi kerekan timba dengan gulungannya atau pompa. Tujuan penelitian ini adalah untuk dan mengetahui kondisi sanitasi sumur gali dan mengetahui kualitas air sumur gali secara fisika meliputi baru, rasa, warna kimia meliputi pH Mikrobiologi meliputi jumlah coliform pada air sumur gali Metode penelitian deskriptif, sedangkan dalam menganalisis menggunakan tabel. Subjek penelitian air sumur gali beserta sumur galinya data diambil dengan metode observasi dan analisa laboratorium.
Hasil Penelitian dilakukan Serta kondisi sumur gali yang masih belum memenuhi syarat, diantaranya jarak sumber pencemar dengan sumur galiHal ini akan beresiko terhadap kualitas air yang digunakan. Pemeriksaan fisik pada air sumur gali menunjukkan hasil berbau ada 2 sumur sumur gali tidak berbau 13 sumur, berasa jumlah 2 buah sumur gali tidak berasa berjumlah 13, berwarna berjumlah 7 buah sumur gali jernih 8 buah sumur gali untuk syhu semua memenuhi syarat 100% dan TDS semua memenuhi syarat. Hasil pH 7 berjumlah 6 sumur gali dan hasil pH 8 berjumlah 9 buah sumur gali. Jumlah 240 Coliform/100ml yaitu 1 sumur gali, berjumlah 1 buah, 340 Coliform/100ml berjumlah 1 sumur gali 360 Coliform/100ml berjumlah 1 sumur,460 coliform/100ml berjumlah 2 buah sumur gali, 480 coliform/100ml berjumlah 1 buah sumur gali dan >1000 coliform berjumlah 9 sumur gali.
Kesimpulan dari hasil penelitian adalah jumlah Coliform dalam air sumur gali yang tidak sesuai dengan standar yang berlaku. Diharapkan agar masyarakat memperhatikan konstruksi sumur gali, jika sudah mempunyai sumur gali harus merawatnya agar tetap dalam kondisi yang saniter. Karena hal tersebut berpengaruh terhadap kandungan bakteri Coliform dalam air sumur gali dan bisa menyebabkan penyakit gastroenteritis. Untuk mencegah timbulnya penyakit tersebut maka tindakan pencegahan dengan desinfeksi menggunakan kaporit dan apabila untuk dikonsumsi maka air harus dimasak sampai matang.
Daftar bacaan : 18 (1984-2018)
Kata Kunci     : Kualitas air, Sanitasi, Sumur Gali
Klasifikasi      : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar