Rabu, 03 Oktober 2018

DESKRIPSI KASUS DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) BERDASARKAN VARIABEL EPIDEMIOLOGI DI WILAYAH PUSKESMAS KALIMANAH TAHUN 2015-2017

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Mei 2017 

Abstrak
Dian Sefriana Wulandari (diansefriana25090@gmail.com)
DESKRIPSI KASUS DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) BERDASARKAN VARIABEL EPIDEMIOLOGI DI WILAYAH PUSKESMAS KALIMANAH TAHUN 2015-2017 
xvi + 55 halaman : gambar, tabel, lampiran

Demam Berdarah Dengue adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus Dengue. Penyakit ini ditemukan di daerah tropis dan disebarkan kepada manusia oleh nyamuk Aedes sp. Data dari Dinas Kesehatan Purbalingga wilayah Puskesmas Kalimanah merupakan wilayah dengan kasus tertinggi di Kabupaten Purbalingga pada tahun 2017 sebanyak 23 kasus. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan kejadian penyakit Demam Berdarah Dengue berdasarkan waktu penyebaran, tempat penyebaran, penderita. 
Jenis Penelitian Deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penelusuran data dan wawancara. Data disajikan dalam bentuk narasi terstruktur, grafik, dan tabel. Analisis data dilakukan dengan cara analisis tabel dan grafik. 
Hasil penelitian bahwa kasus DBD di Wilayah Puskesmas Kalimanah pada tahun 2015 sampai dengan tahun 2017 tertinggi pada bulan Januari sebanyak 17 kasus. Tempat penyebaran tertinggi adalah Desa Babakan dengan jumlah kasus sebanyak 22 kasus. Berdasarkan penderita yang meliputi umur dan jenis kelamin yaitu untuk umur tertinggi pada usia 26 tahun sampai dengan 45 tahun dengan jumlah 31 kasus, jenis kelamin penderita terbanyak pada penderita DBD adalah laki-laki dengan jumlah 47 kasus. Kesimpulan penelitian adalah adalah kasus tertinggi pada bulan Januari di Desa Babakan, penderita paling banyak pada umur 26-45 tahun dan berjenis kelamin laki-laki. Saran yang diberikan adalah memperbaiki perilaku, meningkatkan kewapadaan setiap bulan untuk mengurangi kasus dengan cara PSN, melakukan kegiatan 3M plus. Masyarakat segera melaporkan ke pelayanan kesehatan terdekat apabila terjadi tanda dan gejala penyakit DBD agar dapat ditindak lanjuti oleh intansi yang berwenang. 

Daftar Bacaan :  19 (2006-2017) 
Kata Kunci      :  Demam Berdarah Dengue, Kesehatan Lingkungan 
Klasifikasi       : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar