Rabu, 03 Oktober 2018

STUDI HYGIENE SANITASI JAJANAN SIAP SAJI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SIDARATA KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2018

                                                                                              Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
                                                                                             Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
                                                                                  Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
                                                                                                                   Karya Tulis Ilmiah, Juni 2018

Abstrak
Beni Erlangga Khaerulloh (benierlangga20@gmail.com)
STUDI HYGIENE SANITASI JAJANAN SIAP SAJI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SIDARATA KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2018
XVIII + 49 halaman: gambar, tabel, lampiran
Anak sekolah merupakan generasi penerus dan modal pembangunan. Oleh karena itu, tingkat kesehatannya perlu dibina dan ditingkatkan. Salah satu upaya kesehatan tersebut adalah perbaikan gizi terutama di usia sekolah dasar usia 7-12 tahun. Gizi yang baik akan menghasilkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas yaitu sehat, cerdas dan memiliki fisik yang tangguh serta produktif. Jadi perbaikan gizi anak sekolah dasar khususnya merupakan alat strategis karena dampaknya secara langsung berkaitan dengan pencapaian SDM berkualitas. Tujuan penelitian memperoleh gambaran kebersihan jajanan siap saji di Sekolah Dasar Negeri 1 Sidarata.
Metode penelitian adalah deskriptif . Penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan checklist langsung terhadap penjual.
Hasil penelitian didapatkan dari enam penjual dengan kebersihan penjual personal hygiene di kategori cukup baik dengan skor 50%-70% dan perilaku penjual di kategorikan baik dan cukup baik dengan skor 80% dan 60%, kebersihan peralatan penyediaan jajanan siap saji didapatkan 100% dengan kategori baik, hasil penilaian kebersihan jajanan di kategorikan baik dan cukup baik dengan skor 80% dan 60% dan hasil penilaian tempat penyediaan jajanan dikategorikan cukup baik dengan skor 57% - 71% dan di kategorikan kurang baik didapatkan skor 43%.
Kesimpulan kebersihan penjual sudah cukup baik, kebersihan peralatan penyediaan jajanan siap saji sudah baik, kebersihan jajanan sudah cukup baik dari penilaian 6 penjual. Tahap yang perlu ditingkatan pada penjual yaitu memakai celemek, menutup rambut, memotong kuku, tidak merokok, cuci tangan dan tidak memakai perhiasan.
Daftar bacaan  :  15 bacaan ( 1989 - 2018 )
Kata Kunci      :  Hygiene Sanitasi Jajanan Siap Saji
Klafikasi          :  -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar