Senin, 07 November 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
 Karya Tulis Ilmiah, Juli 2016

Abstrak
Intan Ektaviana (intanekta50@gmail.com)
TINJAUAN SANITASI ASRAMA SEKOLAH POLISI NEGARA PURWOKERTO TAHUN 2016
XVI + 74 halaman: gambar, tabel, lampiran

Asrama adalah bangunan tempat tinggal bagi sekelompok orang untuk sementara waktu yang terdiri atas sejumlah kamar dan biasanya dipimpin oleh seorang kepala asrama. Tujuan dari penelitian ini untuk  mengetahui kondisi sanitasi Asrama Sekolah Polisi Negara Purwokerto yang meliputi keadaan lingkungan dan bangunan, kepadatan siswa dalam satu barak, penyediaan air bersih, pengelolaan makanan dan minuman, pengelolaan sampah, pembuangan air limbah, pengendalian vektor dan binatang pengganggu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif. Subjek ini adalah tentang kondisi sanitasi asrama/barak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan pegukuran. Analisis data yang digunakan secara deskriptif untuk menggambarkan kondisi asrama/barak berasal
dari hasil penelitian.
Hasil penelitian yang diperoleh dari kondisi sanitasi asrama yaitu lingkungan asrama aman dan nyaman, kondisi bangunan sangat baik dan memenuhi persyaratan; kepadatan siswa masih belum memenuhi standart, jumlah barak yang tersedia masih terbatas sedangkan jumlah siswa melebihi batas ideal; penyediaan air bersih cukup baik, sumber air bersih berasal dari sumur gali dan pendistribusian pada setiap kamar mandi bejalan lancar; pengelolaan makan dan minuman sudah cukup baik, semuanya sudah dilakukan oleh tenaga ahli yang sudah profesional; pengelolaan sampah sudah sangat baik, ada periodik pengosongan sampah pada tempat sampah yaitu pada 2x24 jam pagi dan sore hari; pembuangan air limbah kurang baik, semua  pembuangan air limbah disalurkan menuju kolam dengan begitu kolam tersebut akan tercemar; pengendalian vektor dan binatang pengganggu cukup baik, pengendalian dilakukan dengan tidak menggunakan bahan kimia berbahaya sehingga tidak mencemari sanitasi lingkungan. Kesimpulan dari penelitian yang telah  dilakukan adalah kondisi sanitasi asrama/barak sudah cukup baik dan termasuk kategori memenuhi syarat, penilaian diambil dari penggabungan hasil checklis, kuesioner dan observasi langsung. Untuk saran, sebaiknya pihak sekolah menambah lagi bangunan barak sehingga jumlah siswa dengan jumlah barak seimbang, diadakannya pembuatan resapan untuk saluran pembuangan air limbah sehingga pencemaran lingkungan berkurang.

Daftar bacaan : 18 (1990-2016)
Kata kunci      : sanitasi asrama
Klasifikasi       : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar