Kamis, 03 November 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2016

Abstrak
Susweni (susweni27@yahoo.co.id)
KEEFEKTIFAN EKSTRAK DAUN PEPAYA (Carica papaya) SEBAGAI INSEKTISIDA ALAMI TERHADAP KEMATIAN LARVA NYAMUK Aedes aegypti
XV + 59 Halaman: gambar, tabel, lampiran

Penyakit Demam Berdarah Dengue salah satu penyakit endemis yang dapat menimbulkan wabah. Salah satu upaya yang penting adalah memutus rantai penularan, yaitu dengan menggunakan insektisida. Pengendalian vector DBD umumnya menggunakan insektisida kimia yang berdampak negative terhadap lingkungan. Daun pepaya merupakan insektisida alami karena mengandung banyak senyawa tanin, alkaloid dan papain yang dapat digunakan untuk membunuh larva Aedes aegypti. Tujuan penelitian ini adalah menghitung kematian larva Aedes aegypti pada konsentrasi 1%, 5% dan 10% ekstrak daun pepaya (Carica papaya), mengetahui konsentrasi yang paling efektif untuk mematikan larva Aedes aegypti, dan mendeskripsikan perbedaan kematian larva Aedes aegypti pada penggunaan berbagai konsentrasi ekstrak daun pepaya.
Metode penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan rancangan static group comparation untuk menghitung kematian larva Aedes aegypti pada konsentrasi 1%, 5% dan 10% ekstrak daun pepaya. konsentrasi tersebut dimasukkan kedalam enamel berukuran 200 ml yang masing-masing berisi 25 ekor larva Aedes aegypti, diamati selama 1x24 jam. Penelitian dilakukan dalam tiga kali replikasi, dan data analisis menggunakan Anova (Analysis of Variance).
Hasil penelitian ekstrak daun pepaya (Carica papaya) mempunyai signifikansi 0.001 (Konsentrasi ekstrak daun pepaya yang paling efektif membunuh larva Aedes aegypti yaitu 10%. Bagi peneliti lain untuk mengurangi kepekatan pada ekstrak daun pepaya dapat dilakukan dengan cara filtrasi sehingga dapat memudahkan dalam pengamatan.

Daftar bacaan : 12 (1995-2015)
Kata kunci      : larva Aedes aegypti, ekstrak daun papaya
Klasifikasi       : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar