Minggu, 06 November 2016

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2016

Abstrak
Uli Amrina Hidayah (uliamrina40@yahoo.co.id)
HUBUNGAN JUMLAH PENGUNJUNG DENGAN KUALITAS MIKROBIOLOGI AIR KOLAM RENANG DI DREAM LAND AJIBARANG TAHUN 2016
xv + 74 halaman: gambar, tabel, lampiran

Kolam renang adalah suatu usaha umum yang menyediakan tempat untuk berenang, berekreasi serta jasa pelayanan lainnya menggunakan air bersih yang telah diolah. Permenkes No. 061/Menkes/Per/I/1991, menyatakan bahwa syarat air kolam renang meliputi syarat fisik, kimia dan mikrobiologis. Kolam renang Dream Land Ajibarang, Kabupaten Banyumas berlokasi di Jalan raya Pancasan, Ajibarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan jumlah pengunjung dengan kualitas mikrobiologi air kolam renang di Dream Land Ajibarang, Kabupaten Banyumas.  
Metode yang digunakan adalah Observasional dengan pendekatan crossectional yang dimaksudkan untuk menghitung jumlah pengunjung dan mengukur kualitas mikrobiologi air kolam renang. Pengambilan sampel dilakukan 6 kali dengan waktu pengambilan 3 hari. Pengambilan sampel air dilakukan 3 hari sebelum dan sesudah kolam digunakan.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pemeriksaan angka kuman air yang dilakukan pada hari Senin adalah 43 koloni/ml air dengan jumlah pengunjung 0 atau tidak terdapat pengunjung. Pada hari kamis adalah 343 koloni/ml air dengan jumlah pengunjung sebanyak 2 orang dan pada hari Minggu adalah 42.711  koloni/ml air dengan jumlah pengunjung sebanyak 5 orang. Air kolam renang di Dream Land Ajibarang pada hari Senin memenuhi syarat sedangkan pada hari kamis dan minggu tidak memenuhi syarat.  Hasil perhitungan hubungan jumlah pengunjung dengan kualitas mikrobiologi air kolam renang di Dream Land Ajibarang menggunakan uji pearson product moment hasilnya adalah nilai p = 0,256 (p>0,05) atau Ho diterima. Sedangkan nilai r atau pearson correlation = 0,920 (kategori hubungan kuat) atau ada hubungan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara jumlah pengunjung dengan kualitas mikrobiologi air kolam renang di Dream Land Ajibarang tetapi tidak signifikan atau bermakna. Penelitian ini menyarankan melakukan tindakan desinfeksi dengan cara pemberian kaporit pada air kolam renang secara rutin dan pembuatan bak cuci kaki agar kualitas air kolam renang memenuhi syarat kesehatan dan dapat mencegah mencegah penyakit yang ditimbulkan karena kualitas air kolam renang yang tidak memenuhi syarat.

Daftar bacaan : 13 (1990-2015)
Kata kunci      : Kualitas Air Kolam Renang, Jumlah Pengunjung
Klasifikasi       : -
Full Tex

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar